Bukit Bersejarah Bukit Zaitun

Bukit Zaitun –  Ini adalah pegunungan bagian timur Kota Yerusalem yang mempunyai 3 puncak terbentang dari utara ke bagian selatan. Pegunungan diberi nama Bukit Zaitun dikarenakan pernah ada kebun zaitun di lereng pegunungan tersebut. Diantara beberapa pucak gunung yang terbentang, paling tinggi bernama At-Tur yaitu 818 meter. Bukit yang satu ini mempunyai kaitan dengan agama Islam, Yahudi, serta Kristen.

Bukit Bersejarah Bukit Jaitun
Bukit Bersejarah Bukit Jaitun

Buah Tin sendiri merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi umat muslim. Bahkan karena sangat spesial, buah tin dimasukkan dalam surah At- tin. Dalam surah tersebut buah tin disandingkan dengan buah zaitun. Buah zaitun maupun buah tin sama sama spesial di dalam surah alquran. Kini buah tin juga banyak dibudidayakan di Indonesia. Karena struktur tanahnya berbeda dengan tanah doi Yerusalem pembudidayaan nya pun membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Jika kurang berhasil dalam menanam buah tin tersebut akibatnya adalah pohon buah tin tidak akan berbuah. Berbeda dengan tanah yang ada di Yerusalem ini diamna buah tin bisa tumbuh dan berbuah sangat lebat.

Dalam Al-Quran di sebutkan dalam Surah At-Tin :

Bukit Bersejarah Bukit Jaitun
Bukit Bersejarah Bukit Zaitun

 

Dalam ayat yang pertama: “Demi buah tin, demi buah zaitun.” (ayat 1). Terdapat berbagai tafsiran. Menurut Mujahid dan Hasan, kedua buah-buahan itu diambil jadi sumpah oleh Tuhan untuk diperhatikan. Buah TIN diambil sumpah karena dia buah yang terkenal untuk dimakan, buah ZAITUN karena dia dapat ditempa dan diambil minyaknya. Kata Qatadah: “Tin adalah nama sebuah bukit di Damaskus dan Zaitun nama pula dari sebuah bukit di Baitul-Maqdis.” Tandanya kedua negeri itu penting untuk diperhatikan. Dan menurut sebuah riwayat pula, yang diterima dari Ibnu Abbas, “Tin adalah mesjid yang mula didirikan oleh Nuh di atas gunung Al-Judi, dan Zaitun adalah Baitul-Maqdis.

Tetapi terdapat lagi tafsir yang lain menyatakan bahwa buah Tin dan Zaitun itu banyak sekali tumbuh di Palestina. Di dekat Jerusalem pun ada sebuah bukit yang bernama Bukit Zaitun, karena di sana memang banyak tumbuh pohon zaitun itu. Menurut kepercayaan dari bukit itulah Nabi Isa Almasih mi’raj ke langit.

“Demi gunung Sinai, (ayat 2)”. Di ayat ini disebut namanya Thurisinina, disebut juga Thursina, disebut juga Sinai dan disebut juga Thur saja. Kita kenal sekarang dengan sebutan Semenanjung Sinai.

“Demi negeri yang aman ini.(ayat 3)”. Negeri yang aman ini ialah Makkah, tempat ayat ini diturunkan.

Maka jika anda melakukan kunjungan ke sana anda bisa melihat jarak dekat pohon jaitun dan merupakan bukit bersejarah yang wajib untuk di kunjungi selain kita menambah pengetahuan tentang bukit bersejarah bagi umat islam yaitu bukit jaitun.  Bukit ini bersejarah tidak hanya bagi umat islam melainkan umat kristen yaitu “Nabi Isa Al-Masih” dan Yahudi yang di percayai “Nabi Musa”.  Banyak sekali orang-orang berwisata ke sana hanya sekedar ingin tahu situs bersejarah pada jaman nabi.

 

Demikian penjelasan tentang Bukit Bersejarah Bukit Zaitun. Baca juga situs bersejarah Sejarah Terjadinya Air Zam-zam dan Jamal Rumat – Uhud. Rabbani tour senan tiasa bersedia mengantarkan anda ke tempat tersebut dalam program Paket Wisata Muslim dengan banyak pilihan nya Aqsha Muslim Tour, Hongkong Muslim Tour, Korea Muslim Tour, dan Eropa Muslim Tour. Segera daftarkan diri anda sekarang juga untuk menikmati liburan akhir tahun!!!

 

 

 

 

You might also like More from author