Kemegahan Mesjid Al-Azhar- Cairo Mesir

Menjadi Salah satu tujuan wisata Umroh Plus Aqsha, Umroh Plus Mesir di sana kita akan mengunjungi Masjid Al- Azhar, Dari universitas tertua di dunia ini awal nya adalah sebuah masjid. Di dalam nya sering berlangsung kajian-kajian tentang Islam. Pada perkembangan nya, masjid yg mengawali kehidupan intelektual masyarakat Islam di Mesir ini perlahan ber transformasi berganti menjadi sebuah universitas Islam yang bergengsi di dunia.

Sejarah Universitas Al-Azhar – Di bangun oleh Bani Fatimiyah yang menganut mazhab Syiah Ismailiyah, dan dengan sebutan Al-Azhar mengambil dari nama Sayyidah Fatimah az-Zahra, Putri dari Nabi Muhammad. Masjid ini di bangun sekitar tahun [ 970-972 ]. Pelajaran di mulai di Al-Azhar yaitu pada (bulan Ramadhan Oktober 975), ketika ketua Mahkamah Agung Abul Hasan Ali Bin Al-Nu’man mulai mengajar dari buku “Al-Ikhtisar” mengenai topik yurisprudensi Syi’ah. Madrasah, tempat pendidikan agama, yang terhubung dengan masjid ini dibangun pada tahun 988. Belakangan, tempat ini menjadi sekolah bagi kaum Sunni menjelang abad pertengahan, dan terus terpelihara hingga saat ini.

Kemegahan Mesjid Al-Azhar- Cairo
Kemegahan Mesjid Al-Azhar- Cairo

Saat ini, misi universitas antara lain adalah penyebaran agama dan budaya Islam. Untuk tujuan ini, para sarjana Islam (ulama) mengeluarkan maklumat (fatwa) untuk menjawab berbagai permasalahan yang ditanyakan kepada mereka dari seluruh dunia Islam Sunni, mengenai perilaku individu atau masyarakat muslim yang tepat (contohnya baru-baru ini adalah fatwa mengenai klarifikasi dan dan pelarangan terhadap pemotongan alat kelamin perempuan). Al-Azhar juga melatih pedakwah yang ditunjuk oleh pemerintah Mesir.

Perpustakaan Al-Azhar dianggap nomor dua terpenting penting di Mesir setelah Perpustakaan dan Arsip Nasional Mesir. Al-Azhar yang bermitra dengan ITEP, suatu perusahaan teknologi informasi Dubai, pada bulan Mei 2005 meluncurkan Proyek YM Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum untuk Melestarikan dan Mempublikasikan Naskah Al-Azhar Secara Online (“Proyek Al-Azhar Online”); dengan membawa misi untuk memberikan akses online kepada masyarakat atas seluruh koleksi manuskrip langka (terdiri dari sekitar tujuh juta halaman) yang dimiliki perpustakaan Al-Azhar.

Kemegahan Mesjid Al-Azhar- Cairo
Kemegahan Mesjid Al-Azhar- Cairo

Kini masjid dan kampus di bedakan fungsi nya, namun tetap berada di dalam satu area. Yang terlihat di gambar adalah foto Masjid Al-Azhar, sedang kan Kampus Al-Azhar terdapat pada beberapa gedung di seberang bagunan masjid. Luas bangunan Masjid Al-Azhar yaitu 6,5 acre, berbentuk 4 persegi panjang yang dinding nya terbuat dari batu tatah berwarna terakota sehingga tampak kuat & kokoh. Pada gerbang masuk di hiasi dengan ukiran zaman Mamluk, yg juga tergambar pada keseluruhan desain bangunan nya.

Universitas Al-Azhar memiliki 43 Fakultas yang terbesar di seluruh Mesir bai di kairo maupun provinsi-provinsi lainnnya, baik dari fakultas adabi (Keagamaan) ataupun Ilmi (Umum). Untuk nama-nama fakultas itu sendiri tidak jauh beda dengan fakultas di Indonesia, dan semua nya di pisah antara wanita dan laki-laki dengan jarak kampus yang lumayan agak jauh . Diantaranya :

Fakultas Putra di provinsi Kairo:

  1. Fakultas Bahasa Arab
  2. Fakultas Dirasat Islamiyah
  3. Fakultas Teknik

Fakultas Putra di luar provinsi Kairo:

  1. Fakultas Kedokteran (Dumyat)
  2. Fakultas Teknik (Qina)
  3. Fakultas Syari’ah wal Qonun (Asyut)

Fakultas Puteri di provinsi Kairo:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Psikologi
  3. Fakultas Farmasi
  4. Fakultas Kedokteran

Fakultas Puteri di luar provinsi Kairo:

  1. Fakultas Dirasat Islamiyah (Alexandria)
  2. Fakultas Dirasat Islamiyah (Asyut)
  3. Fakultas Dirasat Islamiyah (Sohaj)

Hanya beberapa fakultas yang saya sebutkan untuk yang sebenar nya bayak sekali. Dan Unversitas Al-Azhar memiliki banyak mahasiswa. Dan merupakan universitas tertua, sekarang banyak sekali orang-orang sekedar berkunjung ke universitas tersebut, ingin mengetahui keadaannya dan sejarah nya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Kemegahan Mesjid Al-Azhar- Cairo Mesir. Jika anda berkeingina mengunjungi tempat tersebut Rabbani tour senan tiasa bersedia mengantarkan anda ke tempat tersebut. Bagi anda yang ingin traveling/berkunjung ke beberapa destinasi wisata tapi tidak dengan Umroh anda bisa daftar dalam program Wisata Muslim ,  dengan pilihan yang bisa anda pilih Aqsha Muslim Tour, Bangkok Muslim Tour, Beijing Muslim Tour, Jepang Muslim Tour  dan Australia Muslim Tour.

 

 

You might also like More from author