Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram

Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram – Bagi Anda yang sudah menunaikan ibadah haji maupun umroh mungkin sudah mengetahui dimana letak sumur Zam zam. Sumur Zam zam ini terletak kurang lebih 21 meter dari ka’bah. Dalam buku karya Syafii Antonio Ensiklopedia Peradaban Islam (Mekkah) dijelaskan bahwa sumur ini mampu memompa air antara 11 – 18,5 Liter/detik sehingga setiap menitnya mampu menghasilkan 660 – 1.110 Liter atau 39.600 – 66.600 Liter/jam nya. Adapun kedalaman sumur Zam zam dari bibir sumur berkisar 30 meter, lalu kedalamaan air dari bibir sumur sekitar 4 meter. Kedalaman mata air sekitar 30 meter dan dari mata air sampai dasar sumur itu 17 meter. Diameter sumur 1,46 – 2,66 meter.

Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram
Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram

Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram

Pada zaman Utsmaniyah dilakukan renovasi besar-besaran sumur Zam zam. Yang awalnya sumur ini memiliki naungan berupa kubah juga terdapat pula tempak duduk untuk berwudhu dan minum air Zam zam. Akhirnya diubah menjadi lebih modern dengan memakai bahan besi yang kuat.

bangunan sumur zamzam - Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram
bangunan sumur zamzam – Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram

Untuk mengambil air dari sumur zam zam awalnya menggunakan alat manual, berupa gayung dan ember, atau bahkan dengan cara ditimba. Setelah pemerintah merenovasi, sumur ini dipasangkan pompa air agar bisa menyalurkan airnya ke kran-kran di sekitar sumur.

Pada tahun 1381 H dibangunlah bangunan di atas sumur seluas 8,3 x 10,7 meter. Namun seiring bertambah banyak jamaah thawaf, akhirnya bangunan tersebut ditiadakan agar jamaah lebih leluasa melakukan thawaf. Kemudian pemerintah membangun ruangan khusus tepatnya di bawah tanah di belakang makam Ibrahim, dengan 23 anak tangga juga dilengkapi alat pendingin udara (AC). Ruangan tersebut dibedakan bagi laki-laki dan perempuan. Untuk ruangan laki-laki terdapat 220 kran dan untuk perempuan terdapat 130 kran. Namun pada tahun 2003 bangunan bawah sumur ini ditiadakan atau diratakan dengan tempat thawaf, mengingat jumlah jamaah yg melakukan thawaf bertambah banyak.

bangunan dan lantai menuju sumur zam zam - Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram
bangunan dan lantai menuju sumur zam zam – Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram

Pada tahun 1415 H, dibentuk lembaga yg bertugas khusus mengurusi air Zam zam. Mereka membangun saluran air yg langsung menuju ke alat penampungan yg berkafasitas sekitar 15 ribu meter per kubik. Darisana air zam zam dialirkan lagi ke beberapa tangki lain yg berada di bagian atas Masjidil Haram untuk melayani para pejalan kaki juga musafir. Air Zam zam juga diangkut ke tempat lain dengan menggunakan truk tangki, menuju Masjid Nabawi di Madinah. Bisa baca juga Sejarah terjadinya Air Zam zam.

Saudi Geological Survey (SGS) telah membentuk sebuah badan riset untuk memelihara air sumur zamzam. Mereka bertugas memelihara juga memonitor agar sumur tidak kering, mengatur volume air, memelihara pergerakan air tanah & menjaga kualitasnya, serta mendistribusi juga mengoptimasi suplai air zamzam.

Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram saat ini jamaah akan mudah menemukannya di setiap sisi halaman Masjidil Haram, air zamzam sudah diisikan di dalam bentuk dispenser yg dipasang beberapa kran. Jamaah bisa memilih air dingin atau biasa. Di dekat dispenser sudah disediakan gelas plastik sekaligus disediakan pula pembuangan gelasnya. Biasanya tertera tulisan For Drinking Only (hanya untuk minum) & tidak diperbolehkan mengambil wudhu, karena tidak tersedia saluran air yg menuju got pembuangan.

Dispenser air zamzam - Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram
Dispenser air zamzam – Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram

Demikian artikel Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram, semoga membantu untuk para calon jamaah Rabbani Tour juga yang lainnya. Silahkan baca juga artikel Sejarah Penanggalan Hijriyah, Umroh Plus Cairo, Umroh Plus Aqso.

 

You might also like More from author