Menentukan Pilihan Umroh atau haji dulu

Menentukan Pilihan Umroh atau haji duluSebagai umat muslim yang taat dan juga mengikuti aturan tentunya sudah menjadi impian untuk melakukan umroh atau haji ke tanah suci mekkah, akan tetapi sering juga terlintas di pikiran kita untuk menentukan pilihan apakah umroh atau haji dulu? Manakah yang lebih penting dan apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu.

Tidak semua umat muslim mengerti mengenai urutan untuk menjalankan umroh atau haji terlebih dahulu, akan tetapi untuk membantu anda di dalam artikel ini kami akan membahas beberapa hal mengenai kedua hal tersebut dan memberikan alasan secara ketentuan agamis yang berlaku sesuai dengan al quran mengenai kewajiban manakah yang sebaiknya kita dahulukan.

Umroh atau haji dulu manakah yang lebih penting

Umroh atau haji dulu? Manakah yang harus diprioritaskan? Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya cukup mudah, dari kedua kewajiban bagi umat muslim tersebut maka haji dululah yang harus didahulukan. Tapi beberapa dari kita umat muslim mungkin tidak mengetahui mengapa kita harus memprioritaskan ibadah naik haji di atas umroh.

Sebenarnya hal ini sendiri telah dibahas di ayat suci al quran tepatnya di surat Ali Imran ayat 97 yang berisi kurang lebih bahwa mengerjakan haji merupakan kewajiban bagi umat manusia terhadap Allah terutama bagi manusia yang sanggup untuk melakukan ibadah haji ke baitulah dan barang siapa yang mengingkarinya meskipun mampu maka Allah maha kaya.

Dari petikan firman surat Ali Imran ayat 97 di atas maka bisa diambil kesimpulan atau pengertian bahwa ibadah haji merupakan prioritas utama bagi umat muslim yang mampu untuk mengerjakannya. Tentunya umat muslim tersebut harus mampu secara mental, fisik dan juga keuangan.

Lalu bagaimanakah dengan ibadah umroh sendiri? Apakah wajib untuk kita lakukan? Ibadah umroh tentunya juga wajib untuk kita lakukan karena merupakan apalagi apabila kita mampu untuk melaksanakannya. Terutama di jaman sekarang ini pada saat ibadah haji masih menunggu antrian untuk bisa melakukan ibadah haji maka umat muslim bisa melakukan umroh terlebih dahulu. Ya benar sekali dalam beberapa kondisi pilihan umroh atau haji dulu, kita bisa mendahulukan umroh.

umroh atau haji dulu tergantung kemampuan anda

Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena proses untuk ibadah haji tidak bisa kita lakukan dengan mudah ada beberapa persyaratan dan kuota bagi orang yang ingin melakukan ibadah haji. Sebagai contohnya saat ini kuota untuk melakukan ibadah haji di Indonesia pertahunnya adalah 240.000 orang pertahun sedangkan jumlah orang yang mendaftar atau calon haji di Indonesia sendiri mencapai kurang lebih 1,5 juta jiwa.

Nah tentunya untuk menunggu antrian tersebut cukup lama bahkan bisa mencapai bertahun tahun oleh karena itu bagi umat muslim yang mampu bisa melaksanakan umroh dahulu sambil menunggu giliran menunaikan ibadah haji.jadi bisa dibilang pertanyaan mengenai umroh atau haji dulu jawabannya cukup fleksibel yang tentunya tergantung pada situasi dan kondisi orang dan negara orang tersebut.

Apabila saudara berencana melakukan ibadah umroh terlebih dahulu maka ada beberapa keuntungan yang bisa anda raih. Pertama tama anda bisa mendapatkan gambaran mengenai situasi di tanah suci. Kedua apabila suatu saat ternyata usia dan takdir tidak memberikan kesempatan bagi anda melaukan ibadah suci naik haji maka paling tidak anda sudah melaksanakan umroh.

Bisa dibilang lebih baik sudah daripada tidak sama sekali. Akan tetapi perlu diingat apabila ada dua pilihan umroh atau haji dulu dan kedua kesempatan itu datang pada anda dimana anda bisa melakukan keduanya maka pilihlah haji terlebih dahulu karena itulah salah satu kewajiban dari umat muslim.

You might also like More from author