Umroh Sendirian, Bisakah?

Umroh sendirian, boleh menjadi pilihan Anda. Semua umat Muslim sudah pasti menginginkan jika keseluruhan amal ibadah Umroh mereka diterima di sisi Allah SWT. Karena itu, Anda perlu beribadah dengan khusyu, fokus, tenang, dan bersungguh-sungguh. Untuk memperoleh kondisi tersebut, salah satu cara adalah meluruskan niat. Selain itu juga dengan melaksanakan ibadah Umroh sendirian.

Lho bukannya Umroh Rombongan itu lebih rame? Umroh sendirian di sini maksudnya adalah Anda berangkat sendiri saja, Dan tentunya ibadah Umroh tak bersama keluarga bukan berarti Anda tidak menggunakan bantuan biro travel, karena justru jika tidak menggunakan biro travel, akan sangat menyulitkan dan bisa-bisa niatan Anda menjadi terganggu. Rata-rata jemaah yang pergi ke Baitullah menggunakan paket Umroh Keluarga, bahkan keluarga besar. Dan bisa menjadi masalah bagi kaum wanita umroh sendirian. Mau tahu alasannya? Mari baca selengkapnya.

[wp-svg-icons icon=”list-2″ wrap=”i”] Syarat ibadah Umroh

Berbeda dengan jemaah wanita, untuk jemaah pria, bisa melaksanakan ibadah Umroh secara sendirian dan tak harus memikirkan mahrom, berbeda dengan jemaah wanita. Seorang Ulama Hanafiyah dan Hambali juga mensyaratkan seorang wanita di dalam safar hajinya supaya ditemani suami atau mahromnya, yakni menempuh jarak safar menuju Mekkah untuk jangka waktu 3 hari. Di mana jarak seperti itu merupakan jarak minimal bersafar.

“Tak boleh seorang wanita itu bersafar 3 (Hari perjalanan) namun harus bersama dengan mahromnya”, HR. Muslim nomor 1338, 1339, Ibu Umar.
Banyak ulama juga menyebutkan jika seorang wanita boleh beribadah Haji selama jemaah tersebut ditemani orang-orang yang dapat memberikan rasa aman, walaupun jemaah wanita itu tak ditemani oleh suami, atau mahromnya. Sesuai yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, juga Waki’, yang berasal dari Yunus (Ibnu Yazid), Yang dari Zuhri, disebutkan bahwa “Ada yg bertanya ke ‘Aisyah – Ummul Mukminin – Seorang wanita, apakah betul mengenai seorang wanita tak boleh bersafar terkecuali dengan mahromnya?”, kemudian Aisyah pun menjawab, “Tak setiap jemaah wanita mempunyai mahrom”. baca lebih lengkap tentang Mengapa Umroh harus dengan Mahram

umroh-sendirian

Walaupun terdapat anjuran jika jemaah yang akan beribadah Umroh sudah usia 60 tahun lebih, wajib didampingi anak atau saudaranya. Khususnya jika kondisi fisik tak akan kuat, semasa tiba di Mekkah. Belum lagi jika berangkat pada bulan Ramadhan, di mana suhu di Mekkah dan Madinah mencapai 45 Derajat Celcius lebih.

Sesungguhnya memang bekal yang harus Anda miliki jika hendak beribadah Umroh sendirian yakni fisik dan ilmu agama yang cukup. Jika beribadah Umroh dengan berbekal ilmu, maka diharapkan jemaah pun dapat mengetahui dengan lebih baik mengenai amalan-amalan yang memang diajarkan oleh Nabi. Selain itu dengan melaksanakan ibadah Umroh sendirian juga dapat lebih khusyu’, yakni ibadah Umroh jemaah menjadi mabrur, tak tertolak Allah SWT. Jadi memang niatan Umroh jemaah adalah hanya untuk mencari ridha dari Allah SWT. Di mana memang seharusnya itulah yang benar jika hendak melaksanakan ibadah Umroh.

Jika Anda membutuhkan jasa travel Umroh maupun tour lainnya, Anda bisa mempercayakan kepada Rabbani Tour. Untuk detail paketnya, bisa Anda check langsung di situs RabbaniTour.com. Di sini terdapat pilihan macam-macam paket yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Juga ada paket premium, jika Anda ingin melaksanakan ibadah Umroh dengan fasilitas yang nyaman. Selain itu juga disediakan tabungan Umroh, bekerjasama dengan BNI Syariah. Rabbani Tour sendiri merupakan sebuah perusahaan travel yang sudah aktif sejak lama, yang sudah tidak perlu diragukan lagi keprofesionalannya dalam tour ibadah Haji dan ibadah Umroh ke Tanah Suci. Sekian artikel tentang Umroh sendirian, lebih fokus dan tenang, semoga bermanfaat.

You might also like More from author