Travel Umroh Terpercaya 2017

Head Office

PT. Rabbani Semesta Utama Jl. Lengkong Kecil No 4 Bandung Phone : 022 4206823 | Whatsapp 0822-8000-1799

"Melayani sejak 1996 dan mengantongi ijin PPIU KEMENAG 31.2017 juga sebagai Biro Perjalanan Wisata Tersertifikasi, Kami terus berusaha menjadi Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya untuk membantu perjalanan Umroh Anda !"

Travel Umroh Terpercaya Sejak 1996 – Adab Mencium Hajar Aswad

Adab Mencium Hajar Aswad – Sudah banyak jama’ah Haji maupun Umroh yang telah Allah SWT berikan kesempatan untuk mencium hajar aswad dan ada juga yang memang belum Allah kasih kesempatan untuk menciumnya. Menciumnya memang sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw, banyak penjelasan dalam hadits-hadits akan keutamaan mencium hajar aswad ini (bisa dibaca di Kisah Hajar Aswad). Berikut beberapa adab yang memang perlu diperhatikan ketika akan melakukan sunnah Mencium Hajar Aswad tersebut, diantaranya adalah:

Adab Mencium Hajar Aswad - Raja Salman Hendak Mencium Hajar Aswad
Adab Mencium Hajar Aswad – Raja Salman Hendak Mencium Hajar Aswad

Pertama, Tanamkan keyakinan bahwa Hajar Aswad itu tidak dapat memberikan manfaat & madharat sedikitpun.

Hajar Aswad merupakan batu yg sering dicium oleh jutaan Muslim, ini dikarenakan Rasulullah Saw telah memberikan contoh demikian. Umar bin Khattab pernah berkata:

Sesungguhnya aku menciummu & aku mengetahui bahwa engkau adalah batu yg tidak bisa memberikan madhorot (bahaya), tidak bisa pula untuk mendatangkan manfaat. Seandainya bukan karena aku telah melihat Rasulullah Saw menciummu, maka aku juga tidak akan menciummu” (HR. Muslim no. 1270)

Kedua, Tidak menzalimi orang lain ketika akan mencium hajar Aswad

Mencium hajar aswad adalah sunnah, sedangkan tidak menzalimi saudaranya hukumnya wajib. Sering kali didapati ketika akan mencium hajar aswad ada sebagian oknum yang seenaknya berdesak-desakan bahkan sampai ada yang mungkin terpukul atau terdorong. Jika kondisi yang demikian terjadi, maka anda tidak perlu memaksakan untuk melaksanakan sunnah mencium hajar aswad. Anda cukup mencari waktu yang luang, lapang yang memang memungkinkan untuk mencium hajar aswad, sehingga tanpa menzalimi saudaranya.

Perlu diingat, bahwa kita datang ke baitullah untuk beribadah, bukan mencari dosa dengan cara menzalimi saudara seiman, karena dosa terhadap sesama tidak akan terhapus jika kita tidak meminta maaf secara langsung kepadanya dan semua itu akan diminta pertanggung jawaban di hari kiamat.

Rasulullah Saw bersabda:

الظلم ظلمات يوم القيامة

“Kedzaliman merupakan kegelepan pada hari kiamat” (Muttafaq ‘alaih).

Ketiga, Jangan pernah berpikiran untuk menyewa bodyguard hanya untuk melindungi agar mudah mencium hajar aswad

Banyak oknum yang berkeliaran di sekitaran ka’bah, biasanya orang tersebut tinggi besar dan menawarkan jasa untuk mengantarkan dan melindungi anda agar sampai ke tempat hajar aswad, dengan sekian riyal maka andapun dapat menyewanya. Namun hal yang demikian itu sama aja dengan memperlakukan kasar, karena biasanya seorang bodyguard akan melakukan segala cara agar mudah masuk mendekat hajar aswad, walaupun dengan cara dzalim. Secara tidak langsung andapun berperan dalam melakukan kedzaliman.

Keempat, Jangan pernah memotong lurus arus thawaf, tetapi ikutilah arus thawaf secara perlahan-lahan untuk mendekati hajar aswad

Dengan cara memotong arus thawaf demi untuk mendekati pusat hajar aswad, maka itu tidak diperbolehkan. Dikarenakan cara begitu akan mengganggu berjalannya thawaf orang lain dan mengganggu kekhusyuan thawaf, padahal sebagaimana diketahui dalam sebuah hadits bahwasannya thawaf itu sebagaimananya shalat.

Thawaf di Ka’bah seperti halnya shalat, namun Allah masih membolehkan berbicara disaat itu. Barangsiapa yg berbicara ketika melakukan thawaf, maka janganlah ia berbicara selain pembicaraan yang benar.” (HR. Ad-Darimi no.1847 dan Ibnu Hibban no.3836)

Kelima, Jika dapat mencium hajar aswad, maka janganlah menciumnya terlalu lama

Baca Juga Artikel Lainnya:

Ketika anda dapat mencium hajar aswad, maka janganlah menciumnya terlalu lama, mengapa? selain anda akan dimarahi oleh petugas (asykar) juga agar memperhatikan saudara yang lainnya yang juga mengantri di belakang kita. Keinginan anda mencium begitu juga sama halnya dengan saudara kita yang lainnya. Rasulullah Saw bersabda,

لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Tidaklah seseorang dari kalian dikatakan sempurna imannya, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang ia cintai untuk dirinya”. (HR. Bukhari)

Keenam, Jika anda dapat mencium hajar aswad, maka janganlah terlalu mengumbar cerita kepada siapapun dengan maksud riya’

Pada dasarnya hokum asal ibadah itu disembunyikan, janganlah kita bangga bahkan merasakan sombong dengan cara menceritakan ke banyak orang perihal ibadah kita. Sebisa mungkin diusahakan untuk menyembunyikan amal kebaikan kita di mata manusia dan biarlah Allah SWT yang mengetahuinya. Rasulullah Saw bersabda:

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪَ ﺍﻟﺘَّﻘِﻰَّ ﺍﻟْﻐَﻨِﻰَّ ﺍﻟْﺨَﻔِﻰَّ

Sesungguhnya Allah mencintai hamba yg bertakwa, hamba yg hatinya selalu merasa cukup & yg suka menyembunyikan amalnya” (HR. Muslim)

Ketujuh, Terkhusus untuk wanita agar berhati-hati disaat mencium hajar aswad jika kondisi sekitarnya sedang berdesak-desakan

Disarankan bagi para jamaah wanita untuk tidak mencoba mencium hajar aswad apalagi dalam kondisi sekitarnya yang berdesak-desakan, karena menjaga kehormatan wanita itu lebih utama daripada harus berdesak-desakan dengan laki-laki.

Adab Mencium Hajar Aswad – Berdesak desakan mencium hajar aswad

Menyentuh dan Mencium hajar aswad merupakan amalan sunnah dalam manasik haji & umrah. Sunnah yang hanya dilakukan ketika thawaf dan sehabis melakukan shalat dua rakaat di belakang maqam Ibrahim saja. Selain itu amalan tersebut tidak disunnahkan. Disunnahkan sesuai dengan riwayat.

Dari ‘Abis bin Rabi’ah, ia berkata, “Aku pernah melihat Umar bin Al-Khattab mencium Hajar Aswad. Kemudian Umar berkata, “Sungguh aku telah menciummu & aku tahu pasti bahwa engkau hanyalah sebuah batu. Seandainya aku tidak melihat Rasulullah Saw menciummu, maka tentu aku tidak akan menciummu”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Jika musim haji tiba maka sudah dipastikan akan begitu sangat sulit untuk bisa menyentuh atau mencium hajar aswad. Yang perlu diperhatikan adalah jika kita ingin menciumnya maka jangan sampai kita menyakiti saudara muslim yang lain baik itu dengan cara mendorong atau menariknya, yang semua itu hanya demi untuk menyentuh Hajar Aswad. Karena hukum menyentuh Hajar Aswad adalah sunnah, sedangkan tidak menganggu seorang muslim merupakan kewajiban. Karena menyakiti seorang muslim ada larangannya. Allah Ta’ala berfirman,

Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa adanya kesalahan yang mereka perbuat, Maka Sesungguhnya itu mereka telah memikul kebohongan juga dosa yang nyata”. (QS. Al Ahzab : 58)

Lalu bagaimanakah jika kita memang tidak dapat mencium hajar aswad tersebut? Berikut ada 4 alternatif cara untuk menyentuh dan mencium Hajar Aswad. Syaikh DR. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani hafizhahullah telah berkata, “Berkaitan dengan Hajar Aswad ada 4 sunnah yg ada contohnya dari Nabi Saw, diantaranya adalah:

  1. menyentuh Hajar Aswad secara langsung dengan tangannya kemudian mencium dan bertakbir, ini merupakan cara yang paling sempurna
  2. jika tidak memungkinkan, maka ia cukup menyentuh dengan tangannya lalu mencium tangannya
  3. jika tidak memungkinkan, maka ia cukup menyentuh dengan tongkat atau semacamnya, lalu mencium bagian yang tersentuh tersebut
  4. jika tidak memungkinkan juga, maka cukuplah ia berisyarat dengan tangannya dan bertakbir.

 

Bersama RABBANITOUR Menggapai Tanah Suci, Umroh yuuuk . . . !!!

Sungguh sudah menjadi cita-cita bagi setiap muslim untuk dapat maksimal mengerjakan apa yang telah dicontohkan Rasulullah, salah satunya sunah mencium hajar aswad. Kini ke Tanah Suci Mekkah sudah begitu mudah, bersama Rabbanitour dalam Paket Umroh Reguler maupun Umroh Plus menuju Baitullah. Saatnya anda tentukan jadwal keberangkatannya di Rabbanitour – Travel Umroh Terpercaya sejak 1996 – Info detainya bisa langsung menghubungi CS kami, untuk pengguna Whtasapp bisa KLIK no di bawah ini:

 

error: Content is protected !!

klik salah satu staff kami untuk chat langsung via whatsapp bersama anda.

Kontak Langsung Via Whatsapp
DAPATKAN DISKON
HARI INI JUGA !
Rp 250.000*
CATATAN : PROMO TERBATAS untuk 50 ORANG SAJA! dan hanya berlaku 1 HARI SAJA untuk SEMUA PROGRAM UMROH*. Info lebih lanjut KONTAK KAMI SEGERA !
UPDATE : SISA SEAT PROMO TINGGAL 5 ORANG !
KESEMPATAN MENDAPATKAN PROMO FREE HANDLING DIPERPANJANG SAMPAI 3 SEPTEMBER 2017
EBOOK SEJARAH HAJI DAN UMROH
GRATIS
Ingin Mengenal Lebih Dalam Mengenai “Sejarah Haji Dan Umrah” ? akan kami kirim ke email Anda (PDF) sekarang juga Isi Nama dan alamat EMAIL Anda di bawah ini
All transactions are safe. We never share your data with 3rd partes.
2017 (C) All rights reserved.
2017 (C) All rights reserved.
Kontak Form
Customer Care kami akan menghubungi Anda, sesuai dengan preferensi waktu yang anda masukan.
2017 (C) All rights reserved.
Kontak Form
Customer Care kami akan menghubungi Anda, sesuai dengan preferensi waktu yang anda masukan.
SISA 2 SEAT
2017 (C) All rights reserved.
2017 (C) All rights reserved.
Kontak Form
Customer Care kami akan menghubungi Anda, sesuai dengan preferensi waktu yang anda masukan.