Dome of the Rock (Qubbah As-Shakhrah)

Melalui perintah sang ayah Al-Wahid bin Abdul Malik membangun sebuah kubah di atas batu besar, di tengah – tengah halaman depan Mesjid Al-Aqsha A-Mubarak. Untuk membangun nya Al – Wahid memanggil tukang bangunan dan Arsitek. Pembangunan memakan waktu sekitar 4 tahun lamanya dan selesai pada tahun 72 Hijriah. Orang-orang mengenal kubah ini sebagai masjid Qubbah AS-Shakrah (Kubah Batu / Dome Of The Rock).

Bangunan Mesjid Kubah Ash-Shakrah memiliki panjang sekitar 18 meter dengan mempunyai lebar sekitar 13 meter dan tingginnya sekitar 1 meter dengan bentuk tdk beraturan. Dari arah barat sisi tampak lebih tinggi dan dari arah timur sisi nya lebih rendah. Di dalam kubah terdapat Gua besar yang bisa di masuki dari sisi selatan.
The Dome Of The Rock di bangun di antara tahun 687 sampai tahun 691 oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan, Khalifah Ummaiyyah. Sejarah bangunan ini telah melewati berbagai zaman, yaitu zaman islam, zaman perang salib, zaman Mandat Britania dan zaman Penduduk Israel.

1.Dome Of The Rock (Qubbah As-Shakhrah)
1. Dome Of The Rock (Qubbah As-Shakhrah)

Kubah Shakhrah bukanlah sebuah masjid sebalik nya, merupakan sebuah kompleks yang terdapat nya sebuah batu besar yang di katakan tempat Nabi Muhammad Saw berdiri ketika peristiwa Isra dan Mi’raj. Qubbat As-Sakhrah terletak di Baitulmuqaddis di kawasan Al-Haram asy-Syarif. Qubbat As-Sakhrah bukan lah Masjid Al-Aqsa karena Masjid Al-Aqsa terletak tidak jauh dari pada bangunan ini. Qubbat Al-Sakhrah sering kali disalah artikan sebagai Masjid Omar yang merupakan tempat Umar bin Khattab bersalat ketika tiba di Baitulmuqaddis.
The Dome Of The Rock, di bina di atas tempat dimana menurut kepercayaan umat islam, Nabi Muhammad Saw naik ke langit pada malam Isra ‘ Miraj. Ada beberapa fakta tentang The Dome Of The Rock :

  1. The Dome Of The Rock, di bina di atas tempat di mana menurut orang-orang yahudi, Nabi Ibeahim menawarkan anak nya sebagai korban.
  2. The Dome Of The Rock, bukanlah sebuah masjid. Melainkan sebuah bangunan peringatan untuk tapak lokasi peristiwa malam Isra’Miraj. Dan merupakan salah satu bagian dari Mesjid Al-Aqsha.
  3. The Dome Of The Rock, sering kali di salah artikan sebagai masjid Omar yang merupakan tempat Umar Bin Al-Khattab bersholat ketika setiba di Baitulmuqaddis. Jadi intinya bukan masjid umar yaa..
  4. Tahukan kamu Bahwa masjid The Dome Of The Rock berbentuk segi 8 / bentuk bangunan nya Oktagon.
  5. The Dome Of The Rock, adalah struktur bangunan tertua islam yg masih ada sampai dengan hari ini. Dan menjadi obyek wisata di Masjidil Aqsha.

Jadi sekali yaa! bahwa kubah As-shakhrah ini bukanlah masjid, tempat ini sekarang menjadi destinasi wisata umat muslim di dunia. Banyak orang-orang mengisi waktu libur dengan berkunjung ke sini. Selain bisa melihat bangunan nya yang bagus juga lekat dengan sejarah nya membuat anda menambah pengetahuan anda.

Demikian sedikit pembahasan tentang Dome of the Rock (Qubbah As-Shakhrah). Jika anda berkeinginan mengunjungi tempat tersebut Rabbani tour senan tiasa bersedia mengantarkan anda ke tampat tersebut dalam program Paket Wisata Muslim dengan pilihan yang bisa anda pilih ada Aqsha Muslim Tour, Beijing Muslim Tour, Australia Muslim Tour dan Jepang Muslim Tour.

 

 

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini