Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa

Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa – Bogazici Koprusu merupakan Bahasa Turki yang artinya Bosphorus Bridge (jembatan Bosphorus). Bosphorus sendiri adalah sebuah nama selat yang selat tersebut memisahkan antara Turki bagian Eropa dengan Turki bagian Asia. Selat Bosphorus juga menghubungkan laut Marmara dengan laut Hitam. Selat yang memiliki panjang 30 km, lebar maksimum di bagian utara 3.700 meter dan minimumnya 750 meter yang terdapat diantara Anadoluhisari dengan Rumelihisari. Kedalaman selat tersebut bervariasi dari 36 – 124 meter.

Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa
Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa

Jembatan Bosphorus yang juga namanya diambil dari nama selat tersebut, merupakan salah satu jembatan dari dua jembatan yang menyebrangi selat. Jembatan Bosphorus yang memiliki panjang 1.074 meter ini dimulai pembangunannya dari tahun 1970 dan selesai di tahun 1973. Kemudian jembatan lainnya adalah jembatan Fatih Sultan Mehmet, yang memiliki panjang 1.090 meter yang diseselaikan pada tahun 1988, lokasinya 5 km di sebelah utara jembatan pertama.

Jembatan yang terletak di old city, Istambul Turki ini dibangun karena melihat beberapa faktor yang mendorong untuk dibangun jembatan. Salah satu faktor tersebut adalah karena terjadi perkembangan ekonomi masyarakat di sepanjang selat Bosphorus yang semakin pesat, lalu lintas yang juga semakin maju, sehingga akhirnya dibangunlah Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa. Berbagai usaha dilakukan untuk membentangkan jembatan penghubung dua benua tersebut. Seperti menghadirkan insinyur Perancis juga dari berbagai pihak lainnya yang ikut andil dalam pelaksanaan jembatan Bosphorus.

Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa
Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa

Bangunan-bangunan indah juga megah seperti Istana, gedung dan masjid yang terdapat di sudut kanan dan kiri selat Bosphorus menjadi pemandangan indah ketika melewati selat tersebut. Billboard yang bertuliskan ‘Welcome to Asia’ menandakan anda berada di benua Asia, juga Billboard yang bertuliskan ‘Welcome to Europe’ menandakan anda di benua Eropa. Wisata Muslim Turki satu waktu yang akan mendatangi dua benua yang berbeda, anda akan melihat kebudaan hasil kejayaan Turki Utsmani juga melihat peninggalan-peninggalan bangsa Romawi.

Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa
Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa

Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa ini bisa dikatakan pintu gerbang Eropa dan Asia. anda akan merasa takjub dengan suguhan keindahan selatnya. Melihat sisi indah eropa dan asia, keindahan Istanbul yang terpancar memanjakan mata anda. Suatu pilihan yang tepat jika anda mengambil paket Tour Wisata Muslim Turki, anda akan langsung menyaksikan keindahannya disana. Maka jangan lewatkan Wisata Muslim Bersama Rabbani Tour.

Demikian Jembatan Bosphorus Penghubung Asia dan Eropa. Baca juga artikel Rabbani Tour lainnya mengenai Paket Umroh Reguler Bandung dan Umroh Plus di Bandung.

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini