Travel Umroh Terpercaya 2017

Head Office

PT. Rabbani Semesta Utama Jl. Lengkong Kecil No 4 Bandung Phone : 022 4206823 | Whatsapp 0822-8000-1799

"Melayani sejak 1996 dan mengantongi ijin PPIU KEMENAG 31.2017 juga sebagai Biro Perjalanan Wisata Tersertifikasi, Kami terus berusaha menjadi Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya untuk membantu perjalanan Umroh Anda !"

Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Ka’bah dan Bagian-bagiannya – Ka’bah merupakan pusat titik kiblat seluruh umat Islam di dunia ini. Di dalam al-Qur’an Ka’bah memiliki nama lainnya yaitu: Bakkah, Baitullah, al Bait, Baitul Haram, Qiblah dan al Bait al Atiq. Ka’bah pertama kali didirikan oleh Nabi Adam as yang kemudian hancur ketika terjadi banjir bandang di zaman Nabi Nuh as. Didirikan kembali pada tahun 1500 SM oleh Nabi Ibrahim bersama putranya Nabi Ismail as. Dari dahulu sampai tahun 1040 M Ka’bah pernah mengalami beberapa renovasi dan perluasan, selengkapnya bisa dilihat di artikel Masjidil Haram dan Ka’bah.

Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Dari tahun 1040 M sampai sekarang ukuran Ka’bah tidak pernah berubah, hanya dilakukan beberapa renovasi bagian-bagian Ka’bah lainnya saja. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai penjelasan bagian-bagian dari Ka’bah seperti: Hajar Aswad, Pintu Ka’bah, Saluran Air (Mizab), Syadzarwan, Hijr Ismail, Multazam, Maqam Ibrahim, Rukun Hajarul Aswad, Rukun Yamani, Rukun Syami, Rukun Iraqi, Kelambu Ka’bah (Kiswah), Garisan Coklat di Marmer, dan Atap Ka’bah.

Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Ka’bah dan Bagian-bagiannya

  1. Hajar Aswad

Hajar Aswad ini terletak di sisi selatan Ka’bah, merupakan batu mulia yang berasal dari Jannah sesuai dengan apa yang disabdakan Rasulullah Saw dalam haditsnya “Hajar Aswad turun dari surga, dalam kondisi berwarna putih dari air susu, yang kemudian dosa-dosa anak Adam lah yg menjadikannya berwarna hitam.” (HR at-Tirmidzi, yg dishahihkann oleh al-Albani, Shahih Sunan at-Tirmidzi, no.877).

Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Hajar Aswad awalnya berupa sebongkah batu besar dengan ukuran kurang lebih 30 cm, namun beberapa peristiwa telah terjadi kepadanya yg menjadikan bentuknya hanya pecahan kecil sebesar ukuran biji kurma dan hanya ada 8 buah, dengan dilapisi perak mengelilinginya. Bisa dibaca selengkapnya di artikel Kisah Hajar Aswad.

  1. Pintu Ka’bah
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Pintu Ka’bah ini mempunyai nama yaitu Al-Burk, pintu yang berbahankan emas murni 99 karat, dengan berat total 280 kg. letak pintu tersebut berada di atas lantai tawaf dengan tinggi 2,25 meter, daun pintunya sendiri panjangnya 3,06 meter dengan lebar 1,68 meter. Pintu yg sekarang ini merupakan hadiah dari raja Khalid bin Abdul Aziz. Dalam catatan sejarah, pintu Ka’bah ini telah berubah-ubah baik dari bahan baku, seni juga bentuknya. Nabi Muhammad Saw bersabda:

“Siapa yg masuk ke Baitullah berarti dia masuk dalam kebaikan, keluar dari kejahatan & dia mendapatkan ampunan” (HR. Ath-Thabrani dari Ibnu Abbas)

  1. Saluran Air (Mizab)
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Mizab merupakan talang air yang terletak di bagian tembok atas Ka’bah, tepat berada di atas Hijr Ismail. Talang ini dibuat untuk membuang genangan air dari atap jika terjadi hujan atau sewaktu proses pencucian Ka’bah. Talang air ini memiliki panjang 1.95 m, tinggi 23 cm dan lebarnya 26 cm. talang ini berbahankan tembaga yg dilapisi emas, sehingga disebut “Talang Emas”.

  1. Syadzarwan
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Syadzarwan merupakan bangunan yg melengkung mengelilingi bagian bawahnya Ka’bah (area tawaf) kecuali Al-Hathim. Tembok kuat ini berbahankan batu marmer, dibentuk mengitari Ka’bah agar dapat melindungi Ka’bah dari bahaya banjir dan menjaga keselamatan Jama’ah juga kiswah dari kerumunan banyak orang. Batu marmer yg menjadi bahan dasarnya merupakan marmer yg termahal di dunia. Saat renovasi Ka’bah berlangsung di tahun 1417 H, dilakukan renovasi juga pada marmer Syadzarwan yg lama dan digantikan dengan yg baru.

PAKET UMROH 2017-2018

  1. Hijr Ismail

Bangunan yang berada tepat di depan Ka’bah dengan bentuk setengah melingkar ini disebut dengan Hijr Ismail. Letaknya di dekat Ka’bah ke arah Syam (Utara). Ruang yang ada di antara dinding itu dan Ka’bah masih merupakan bagian dari Ka’bah itu sendiri. Seseorang tidak diperkenankan untuk melaksanakan shalat fardu di dalam Hijr Ismail. Tawaf pun tidak dianggap sah kecuali di bagian belakangnya.

Dalam sejarah Nabi Ibrahim meletakkan istri dan anaknya di tempat itu yang sekarang menjadi Hijr Ismail namanya. Dahulu Hijr ismail itu bebrbentuk lingkaran penuh namun di zaman Quraisy terjadi renovasi yang menjadikan Hijr Ismail terpotong separuh lingkarannya dengan begitu disebutlah Hathim yang artinya terpotong. Makanya jama’ah tidak dianggap sah tawafnya jika hanya mengelilingi Ka’bah, tapi diharuskan juga untuk mengelilingi Hijr Ismail karena Hijr ismail merupakan bagian dari Ka’bah.

Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Dalam sebuah sabda Rasulullah Saw, Aisyah berkata “aku sangat ingin memasuki Ka’bah untuk melaksanakan Shalat di dalamnya, Rasulullah Saw kemudian membawa Aisyah ke dalam Hijr Ismail sambal berkata “Shalatlah kamu disini jika kamu ingin shalat di dalam Ka’bah, karena ini termasuk sebagian dari Ka’bah” (Hadits Riwayat Abu Dawud)

Bentangan setengah lingkaran Hijr Ismail ini sepanjang 21.5 m, jarak antara dinding Ka’bah dengan dinding dalam Hijr 8.4 m, lebar kedua pintu masuk ke Hijr 2,29 m, ketebalan dindingnya 1,5 m, tinggi temboknya 1.32 m, lebar jarak dari pintu ke pintu 8,77 m. banyak jam’ah yang berebutan masuk ke dalamnya untuk melakukan shalat dan berdoa di dalam Hijr Ismail.

  1. Multazam
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Mulatazam menurut Bahasa artinya pasti. Multazam ini terletak diantara rukun Hajar Aswad dengan pintu Ka’bah dengan jarak kurang lebih 2 meter. Dinamakan Multazam karena dilazimkan bagi umat Muslim untuk berdoa di tempat tersebut. Rasulullah Saw menyatakan bahwa Multazam ini merupakan tempat yang paling mustajab dikabulkannya do’a. sesuai dengan sabda Rasulullah Saw: “Multazam adalah tempat berdoa yg mustajab, tidak seorangpun dari hamba Allah yg berdoa di tempat ini tanpa terkabul permintaannya”. Disunnahkan berdoa sambil menempelkan kedua tangan, dada, pipi ke Multazam, ini sesuai hadits Nabi Saw yg diriwayatkan sunan Ibnu Majah dari Abdullah bin Amr bin al-Ash.

  1. Maqam Ibrahim
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Maqam disini berasal dari Bahasa Arab yang artinya “tempat berdiri”. Jadi maqam Ibrahim ini artinya batu tempat telapak kaki Nabi Ibrahim as berpijak ketika beliau berdiri untuk membangun Ka’bah. Hingga saat ini bekas tapak tersebut masih bisa disaksikan oleh kita di dalam sebuah ruang kecil dengan berdindingkan kaca yg berada tepat di depan pintu Ka’bah. Jadi maqam disini bukan berarti kuburannya Nabi Ibrahim. Bekas kedua tapak kaki Nabi Ibrahim itu masih terlihat jelas, dengan ukuran panjang 27 cm, lebar 14 cm dengan kedalaman 10 cm.

  1. Rukun Hajarul Aswad

Ka’bah memiliki 4 sudut yang disebut rukun, berikut urutan rukun Ka’bah sesuai urutan ketika memulai tawaf: Rukun Aswad yakni Hajar Aswad, Rukun Iraqi, Rukun Syami dan Rukun Yamani. Rukun Aswadi ini bisa dibilang paling penting dan dimuliakan oleh Allah SWT. di rukun inilah para jamaah Haji/Umroh saling berebutan untuk mencium atau mengusap Hajar Aswad.

Menapaki situs-situs sejarah peradaban ISLAM bersama Paket Wisata Muslim

  1. Rukun Yamani
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Rukun Yamani ini menghadap ke arah barat daya atau Yaman. Rukun yang sejajar dengan rukun Aswad. Abdullah bin Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw tidak pernah menyentuh kecuali pada rukun Hajar Aswad & Rukun Yamani. Dalam sebuah Hadits riwayat Bukhori disebutkan: “Aku tak pernah meninggalkan untuk meraba kedua sudut ini, yaitu sudut Yamani & Hajar Aswad,semenjak kulihat Rasulullah merabanya baik dalam sempit (kesulitan) juga dalam keadaan lapang (longgar).” (HR. Muslim no.2225)

  1. Rukun Syami
  2. Rukun Iraqi

Rukun Syami dan Iraqi ini disebut juga dengan rukun Syamiani, karena kedua Rukun tersebut menghadap ke negeri Syam, sekarang meliputi negara yang terletak di pantai timur laut Tengah, diantaranya: Yordania, Palestina, Suriah dan Lebanon.

  1. Kelambu Mekah (Kiswah)
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Kiswah merupakan penutup yang menyelubungi Ka’bah, Kiswah tersebut berbahankan sutra asli dengan berkhiaskan kaligrafi dari bahan emas.

  1. Garisan Coklat di Marmer
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Garis ini dulu digunakan untuk memulai tawaf tetapi sekarang sudah diganti dengan lampu hijau yang terletak berhadapan searah dengan rukun Hajar Aswad.

  1. Atap Ka’bah
Ka’bah dan Bagian-bagiannya
Ka’bah dan Bagian-bagiannya

Awalnya bangunan Ka’bah tidak memiliki atap (terbuka), sehingga sering terjadi pencurian dan penjarahan barang yang ada di dalam Ka’bah. Suku Quraisy kemudian merenovasi Ka’bah dan memasang atap di atasnya, atap yang berbahankan kayu dari perahu Byzantium Romawi yang karam di Laut merah. Kayu itu dibeli dan dipasangkan untuk dipakai atap Ka’bah (baca selengkapnya di Majidil Haram dan Ka’bah).


Umroh Bersama Travel Umroh Terpercaya Sejak 1996

Rabbanitour sudah lebih dari 20 tahun menjadi sahabat masyarakat muslim menuju Baitullah. Kini giliran anda menjadi sahabat Rabbanitour untuk mewujudkan niatan suci ke Baitullah. TravelUmrohTerpercaya dan 100% Berangkat ke Tanah Suci, dapatkan rincian jadwal dan biaya lengkapnya melalui CS kami, untuk pengguna Whatsapp bisa KLIK no di bawah ini:

error: Content is protected !!

klik salah satu staff kami untuk chat langsung via whatsapp bersama anda.

Kontak Langsung Via Whatsapp
DAPATKAN DISKON
HARI INI JUGA !
Rp 250.000*
CATATAN : PROMO TERBATAS untuk 50 ORANG SAJA! dan hanya berlaku 1 HARI SAJA untuk SEMUA PROGRAM UMROH*. Info lebih lanjut KONTAK KAMI SEGERA !
UPDATE : SISA SEAT PROMO TINGGAL 5 ORANG !
KESEMPATAN MENDAPATKAN PROMO FREE HANDLING DIPERPANJANG SAMPAI 3 SEPTEMBER 2017
EBOOK SEJARAH HAJI DAN UMROH
GRATIS
Ingin Mengenal Lebih Dalam Mengenai “Sejarah Haji Dan Umrah” ? akan kami kirim ke email Anda (PDF) sekarang juga Isi Nama dan alamat EMAIL Anda di bawah ini
All transactions are safe. We never share your data with 3rd partes.
2017 (C) All rights reserved.
2017 (C) All rights reserved.
Kontak Form
Customer Care kami akan menghubungi Anda, sesuai dengan preferensi waktu yang anda masukan.
2017 (C) All rights reserved.
Kontak Form
Customer Care kami akan menghubungi Anda, sesuai dengan preferensi waktu yang anda masukan.
SISA 2 SEAT
2017 (C) All rights reserved.
2017 (C) All rights reserved.
Kontak Form
Customer Care kami akan menghubungi Anda, sesuai dengan preferensi waktu yang anda masukan.