Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)

Desa Nelayan – jika anda berkunjung ke Negeri Kincir Angin Negara Belanda tidak hanya bisa melihat keindahan kotanya juga ada satu tempat yang tidak kalah indah dan menarik perhatian para pengunjung dari berbagai Negara untuk melihat keindahannya.
Volendam merupakan desa nelayan dengan letak di bagian barat tepatnya di Provinsi Noord-Holland Belanda. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 21.000 jiwa. Kota ini merupakan kota utama di munisipalitas Edam Volendam dengan berstatus desa. Kota ini bermuara di mulut sungai IJe, pada tahun 1357, penduduk Edam zug melintasi kanal Zuiderzee melalui pelabuhan. Tempat ini sangat ramai di kunjungi pada saat hari libur, tidak hanya wisatawan asing saja yang berkunjung kesana melainkan warga asli belanda itu sndiri berkunjung kesana.

Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)
Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)

Volendam sebuah perkampungan di salah satu kawasan Amsterdam atau Belanda Provinsi Noord-Holland. Dengan mayoritas penduduk dengan mata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Sehingga jamak orang menyebut nya dengan sebutan Kampung Nelayan Volendam.
Kampung Nelayan Volendam selalu memberikan kesan tersendiri agi orang yang mengunjungi. Betapa tidak, pesonannya yang indah mampu membuat orang yang mellihat nya akan di buat setengah sadar. Dengan  rumah-rumah yang berderetrapi tepat di pinggiran sungai dengan gaya arsitektur khas Amsterdam, kanal-kanal yang membelah perkampungan antar lokasi, sehingga memberikan suatu kesan kenyamanan bagi orang yang melewati jembatan. Bertambah cantik dengan kanal-kanal yang bertengger dengan rapi nya di pinggir sungai. Di dukung pula dengan kerapihan dan juga kebersihan lingkungan nya, yang membuat anda akan merasa nyaman dan betah rasanya tidak mau pulang, karena seluruh penduduk nya sadar dan peduli sekali dengan lingkungan di sekitar dan sangat menjaga sekali kebersihan lingkungan.

Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)
Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)

Dengan jarak yang sangat dekat dari kota Amsterdam, yaitu sekitar 20km. Dapat di tempuh dengan waktu sekitar 30 menit dari ibukota negeri kincir angin tersebut. Awalnya, tempat wisata yang cantik ini hanyalah sebuah pelabuhan bagi kapal-kapal ikan milik nelayan Belanda. Kini, keindahannya menjadi daya tarik luar biasa bagi para pelancong yang datang ke Netherlands. Deretan kios-kios dan gerobak mula-mula akan menyambut anda ketika tiba turun dari kendaraan bis pariwisata. Ada aneka barang yang dijual, mulai dari suvenir, bunga-bunga segar dan berbagai bibit bunga khas Belanda seperti bunga tulip, baju dan pakaian, hingga makanan seperti keju, roti, aneka kue, dan jajanan kecil lainnya. Dan bahkan, ketika melewati kios-kios di pasar tersebut saya menemukan sebuah kios yang menjual jajanan Indonesia seperti bakpao, risoles, dan sebagainya.
Tahukah anda jika seniman terkenal seperti Pablo Picasso yang berasal dari Spanyol itu dan Piere-Auguste Renoir yang berasal dari Perancis banyak menghabiskan waktu mereka di Volendam? Barangkali keindahan Volendam membuat mereka terpikat.

Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)
Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)

Salah satu hal yang sangat menarik bagi para pengunjung di Volendam adalah kostum tradisional masyarakat Volendam. Bahkan saat ini, beberapa wanita yang sudah berumur lanjut yang tinggal di Volendam masih menggunakan pakaian tradisional itu dalam keseharian mereka, walaupun tentunya kini hanya tersisa sedikit dari mereka.

Ketika tiba di bagian desa Volendam yang langsung terbuka ke arah bibir pantai yang diberi siring dari batu, maka wajah kita akan tersapu angin laut. Lebih masuk ke arah keramaian Volendam, maka anda akan disambut deretan toko-toko penjual suvenir khas Belanda. Di antara deretan toko-toko suvenir anda dapat mencicipi makanan khas desa Volendam dari restoran-restoran yang selalu dipadati pengunjung. Menu andalan mereka adalah masakan berbahan dasar ikan.

Tetapi, meskipun anda harus menyinggahi salah satu dari sekian banyak restoran-restoran yang menyajikan menu ikan ini (tersedia juga makanan lainnya tentu), janganlah lupa untuk mampir ke salah satu studio foto untuk mengabadikan perjalanan wisata anda ke Volendam dengan menggunakan kostum tradisional nelayan Belanda yang berwarna merah cerah dipadu celana atau rok hitam dan clog (sepatu kayu). Jika anda berfoto dalam grup bersama teman-teman seperjalanan anda, maka dengan tangkas para fotografer akan menata anda semua untuk berfoto dalam setting seperti sebuah keluarga nelayan Volendam jaman dulu yang juga gemar bermusik sambil memegang alat-alat seperti akordion, ember, keranjang bunga, dan sebagainya. Mereka (para fotografer) itu akan menata dan mendandani anda dengan sangat cepat.
Maka tidak lah rugi bagi anda yang suka traveling dengan bertraveling ke Kampung Nelayan Volendam, karena di sini masih banyak yang akan anda temukan pakaian tradisonal bahkan banyak pula penduduk nya yang masih mengenakan pakaian tradisional. Jika anda termasuk orang yang sangat eksis dengan gadget canggih anda maka sangat lah tepat untuk berkunjung ke tempat ini karena banyak menampilkan yang banyak yang dapat di jadikan sebagai background untuk berfoto, apalagi berfoto dengan menggunakan pakaian tradisional nya, sepatu dan topi yang menjadi ciri khas Amsterdam, lumayan untuk kenangan-kenangan ketika pulang ke Negara asal. Pokonya di ibaratkan jika anda berlibur ke Eropa / mengikuti program Umroh Plus Eropa dan ke Belanda belum mampir ke Volendam, ,maka liburan anda belum di katakana sempurna..

Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)
Keindahan Desa Nelayan Volendam (Amsterdam)

Selain pakaian tradisional nya, Volendam masih melestarikan tradisi-tradisi Belanda tempo dulu. Singga kita akan merasakan betul Atmosfir Belanda pada zaman dahulu, yang membuat anda semakin berdecak kagum, belanda masih melestarikan budaya dan tradisi aslinya. Selain itu, anda juga akan mendapatkan pengetahuan baru terkait dengan tradisi dan budaya nya yang kental dan tentunya anda akan terbawa suasana seperti dalam film-film di Eropa yang bertemakan Kolosal. Volendam memberikan kesan bahwa identitas bagi suatu Negara sangatlah penting dan jangan sampai Negara kehilangan identitas nya.
Bagi anda yang sangat suka berjalan kaki, sangat tepat. Kenapa?? Karena di Volendam justru sangat jarang sekali mobil yang lewat kesana kesini  di jalanan. Sebuah wilayah yang ramah bagi pejalan kaki. Kalau di Volendam memang lingkungan nya masih asri dan juga udara nya yang sangat segar karena polusi udaranya di Volendam hampir-hampir tidak akan anda rasakan. Bahkan jalan yang menjadi tempat untuk pejalan kaki merasa nyaman. Di tambah dengan, di pinggir jalan berdekatan dengan sungai terdapat kursi panjang yang memanjang sepanjang jalann yang di peruntuk kan bagi para pejalan kaki yang hendak beristirahat.
Rute menuju Kampung Nelayan Volendam sangat lah mudah, dari Amsterdam Central Station anda tinggal menggunakan bus Nomor 118 dengan tujuan Eddam Village.
Sungguh indah bukan? Berkujung ke Negeri Kincir Angin, terutama ke Kampung Nelayan Volendam. Tidak hanya anda berwisata, anda juga akan di ajak berwisata ke tanah suci dalam melakukan ibadah umroh, sehingga jalan-jalan anda benar-benar bermanfaat dan membawa berkah. Namun bagi anda yang ingin melakukan perjalanan seperti ini, maka anda harus jeli dalam memilih jasa travel umroh yang benar-benar memberikan kenyamanan anda.

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini