Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)

Mesjid Terapung Laut Merah merupakan salah satu masjid yang paling populer di Kota Jeddah, Arab Saudi. Bagi para Jemaah asal Indonesia, nama masjid Terapung laut merah, salah satu tujuan yang terdaftar dalam kunjungan yg sudah di siapkan. Biasanya di hari terakhir sebelum menuju ke Bandara Jeddah, jamaah singgah terlebih dahulu di tempat ini. Dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi Jemaah asal Indonesia. Karena terletak di tepi laut dengan keindahan pemandangan di tepi laut juga keindahan bangunan masjid tersebut, membuat para Jemaah penasaran ingin berkunjung ke sana.

Sejarah Masjid Terapung

Pesona Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)
Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)

Awalnya masjid ini bernama masjid Fatimah. Namun Lama-kelamaan banyak peziarah yang menyebut nya menjadi Masjid Fatimah Az-Zahra,  Nama putri dari Nabi Muhammad S.A.W. Akhirnya, pemerintah Saudi Arabia mengubah nama masjid ini menjadi Masjid Arrahmah hingga hari ini untuk menghindari kesalah fahaman.

Masjid Ar-Rahman ini memang tdk menyimpan kisah sejarah tertentu yg berkaitan dgn sejarah perkembangan islam, namun lokasinya yg unik dan elegant membuat masjid tersebut banyak mengundang rasa penasaran para pengunjung.

Lokasi Masjid Terapung

Pesona Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)
Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)

Masjid terapung berada terletak di kawasan Corniche Jeddah, kawasan baru yang di kembangkan oleh otoritas setempat sebagai kawasan wisata di sepanjang pantai laut merah. Kota Jeddah sendiri sudah berdiri sejak sebelum islam, namun awal dari perkembangan pesat kota ini berawal dari masa pemerintahan Khalifah Usman Bin Affan.

Pada tahun 647Masehi, Khalifah usman lah yg pertama kali nya menjadikan kota Jeddah sebagai kotaa pelabuhan laut internasional bagi Jemaah haji yg datang dari penjuru dunia. menjadikan Jeddah sebagai gerbang utama bagi para calon jamaah untuk menuju ke Mekah dan Madinah karena nya kota Jeddah juga mendapat kan julukan sebagai “pintu gerbang dua tanah haram”.

Kawasan Corniche di Kota Jeddah

Pesona Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)
Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)

Kawasan Corniche Jeddah tempat masjid terapung ini berada merupakan salah satu kawasan yang di tata begitu indah dan sangata menawan. Wajar bila kemudian kota Jeddah pun mendapat julukan sebagai “pengantin perempuannya laut merah”, dan mengingat kota ini begitu ramai sejak masa ke khalifahan, kota Jeddah pun mendapat julukan sebagai “Kota di tengah Pasar”. Pemerintah Saudi Arabia menyulap kawasan pantai kota Jeddah yang menghadap ke Laut Merah menjadi sebuah kawasan kota baru yang terkenal dengan sebutan Jeddah cornice.

Desain Masjid Terapung

Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)
Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah (Kota Jeddah)

Masjid terapung berdimensi sekitar 20×30 meter. Dengan bagian dalam masjid yg di hiasi dengan banyak tulisan kaligrafi. Bukan hanya masjid terapung yg bisa di nikmati, air laut merah juga menjadi objek favorit Jemaah haji atau pun umroh. Dengan bangunan menggabungkan arsitektur yang modern dan seni bangunan islam kuno. Memiliki ruang sholat yg sangat luas dgn dekorasi yang sangat indah, di lengkapi dengan peralatan berteknologi terbatu terutama dalam hal sound system. Sementara untuk musim dingin, di sediakan juga keran-keran air yang hangat.

Dengan dekorasi interior yg fantastik, gaya arsitektur & pencahayaan atap yg sangat sempurna, memberikan kenyamanan  tersendiri bagi pengunjung Masjid Terapung Laut Merah di Jeddah. Saat menjelang subuh, masjid tampak terlihat mengagum kan,  dimana sinar matahari yg masih sangat redup menjadi latar bagi masjid dgn lampu-lampu yg terlihat berkilauan. Sementara, posisi nya yang tepat di pantai Laut Merah membuat atmosfir Masjid Terapung terasa menyenang kan ketika di malam hari.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Keindahan Mesjid Terapung Laut Merah(Kota Jeddah). Jika anda berkeinginan mengunjungi tempat tersebut Rabbani tour bersedia mengantarkan anda dalam program Umroh Plus Mesir, juga ada paket Wisata Muslim, dengan pilihan Paket Tour Aqsa, Paket Tour Eropa, Wisata Halal Turki dan juga pilihan paket Umroh, Umroh Plus, Umroh Plus Mesir, Umroh Plus Aqsa, Umroh Plus Turki dan Umroh Tahun Baru.

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini