Kemasyuran Istana Montaza Alexandria

Kemasyuran kota Alexandria – adalah yang menjadi kota terbesar kedua di Mesir setelah Kairo. Kota ini merupakan kota pelabuhan terbesar di Mesir karena letak nya yg berada di pinggir laut Mediterania. Oleh karena pantai-pantai nya yang sangat indah itu dan juga , banyak sekali wisatawan asing menghabis kan waktu musim panas nya dengan berlibur di sana.

Montaza merupakan taman pinggir laut yang mempunyai keluasan 155.4 hektar. Yang Di dalam nya terdapat istana Raja Farouk yang memiliki seni bina yang indah, di tambah pula dengan kedudukan nya yg terletak di dataran tinggi menghadap kearah laut.

Kemasyuran Istana Montaza Alexandria
Kemasyuran Istana Montaza Alexandria

(singkat cerita) Raja Farouk adalah Raja terakhir kerajaan Monarki, Mesir yg berpusat di Iskandariah. Beliau di kenali kerana sikap nya yang tidak bertanggung jawab terhadap kerajaan nya. Beliau lebih gemar membeli kereta-kereta mewah dan berseronok di kasino, berlumba kuda dan berfoya-foya bersama wanita-wanita muda. Di cerita kan bilangan pokok kurma yang di tanam di halaman istana nya menyamai bilangan gundik nya.

Pada tahun 1952, jatuh nya pemerintahan Raja Farouk yang mana Jamal Abdul Naser merupakan salah seorang yg mengetahui rampasan kuasa untuk mengguling kan Raja Farouk. Selepas Raja Farouk di jatuh kan, pemerintahan Mesir bertukar kepada negara Republik yang berpusat di Kaherah.

Sejak di awal masuk kota Alexandria, kota ini terlihat lebih rapi tertata & bersih di banding kan dengan kota Kairo. Nuansa bangunan khas Eropa yg berwarna putih gading dan kecoklatan juga dengan banyak mendominasi  sepanjang perjalanan dalam kota. Usut-usut,nya  ternyata  nuansa  ini dibawa oleh bangsa Perancis pada saat Napoleon Bonaparte melakukan lawatan ke Mesir di akhir abad ke-17.

Pada tahun 1932 Raja Fuad I melaksana kan perluasan Istana Montaza menjadi semakin besar dgn di tambah kan nya Istana Al-Haramlik dan taman royal dan menjadika nya sebagai Istana musim Panas yg bergaya Florentine dalam nuansa Turki dgn memiliki dua buah menara yg menjulang keatas seperti Renaisance di Italia, Istana ini memiliki pelataran yg luas dan di setiap lantai nya di desain dengan menghadap langsung ke laut Mediterania. Kedua President Mesir Anwar Sadat dan Husni Mubarak telah melakukan beberapa renovasi dan menjadikan Istana Salamlek Palace sebagai kediaman resmi presiden.

Kemasyuran Istana Montaza Alexandria
Kemasyuran Istana Montaza Alexandria

Montaza Palace – Merupakan sebuah tempat peristirahatan bagi keluarga Raja Fuad I dan kerabatnya, setelah berburu. Istana ini di bangun pada tahun 1932 oleh Raja Fuad I. Selain Montaza Palace, di sekitar nya juga terdapat Salamlek Palace yang merupakan sebagai tempat tinggal resmi presiden Mesir.Sedangkan The Al Montazah Park, merupakan taman kerajaan seluas kurang lebih 61 Hektar, terbuka untuk umum sebagai tempat wisata. Taman ini berada di area istana raja Farouk yang tertata rapi dgn di hiasi pohon kurma di sekitar nya. Bangunan utama dari taman ini adalah istana raja Farouk yang megah, kini istana raja Farouk sering di gunakan untuk menggelar jamuan kenegaraan.

Di kunjungan ke Alexandria ini, kisah Raja Farouk yang di guling kan oleh kudeta dan istana Montaza yang tersohor menjadi antusiasme dominan bagi para pengunjung. Jangan mau ketinggalan untuk menikmati keindahan dan kemegahan Istana Montaza Alexandria.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Kemasyuran Istana Montaza Alexandria. Jika anda berkeinginan mengunjungi tempat tersebut Rabbani tour senan tiasa bersedia mengantarkan anda ke tempat tersebut dalam program Wisata Muslim dengan pilihan Paket Tour Aqsha, Paket Tour Bangkok, Wisata Halal Turki dan juga paket Umroh, Umroh Plus, Umroh Plus Mesir, Umroh Plus Aqsha, Umroh Plus Turki, dan Umroh Akhir Tahun.

 

You might also like More from author