Kemewahan Masjid Quba

Menjadi salah satu tujuan, Umroh Plus Mesir untuk melakukan kunjungan ke sini dan – Mesjid Quba Merupakan masjid yang pertama kali nya di bangun dlm peradaban sejarah islam yaitu pada tanggal 8 Rabiul Awal 1 Hijriah. Masjid ini terletak di luar kota Madinah tepat nya sekitar 5 Km sebelah tenggara Madinah. Masjid Quba yg ada saat ini adalah berbeda dgn masjid quba pada zaman Rasurullah SAW. Mesjid quba yg saat ini berdiri adalah mesjid yg telah di renovasi dan di perluas pada masa Kerajaan Arab Saudi. Renovasi dan perluasan ini menelan biaya sebesar 90 juta riyal dgn daya tampung hingga 20 ribu jamaah. Renovasi di lakukan pada tahun 1986.

Kemewahan Masjid Quba
Kemewahan Masjid Quba

Pada Zaman dahulu saat dibangun, masjid ini berdiri diatas kebun qurma dengan luas 1200 meter persegi, dan saat ini luas mesjid quba adalah sekitar 5.035 meter persegi. Saat ini masjid ini memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama tempat masuk para jamaah ke dalam masjid. Dua pintu diperuntukkan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah perempuan. Diseberang ruang utama mesjid, terdapat ruangan yang dijadikan tempat belajar mengajar.

Keutamaan Masjid Quba

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

“.Sesungguh nya mesjid yg di dirikan atas dasar takwa (Mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalam nya. Di dalam nya mesjid itu ada orang-orang yg ingin membersih kan diri. Dan sesungguh nya Allah SWT menyukai orang-orang yg bersih” (QuranSurah – At Taubah : 108)

“Ketika pembangunan Masjid ini selesai, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam mengimami shalat selama 20 hari. Semasa hidup nya, lelaki yang di juluki Al-Amin ini selalu pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Setelah Rasulullah SAW wafat, para sahabat menziarahi masjid ini dan melakukan salat di sana.”( HadistRiwayat. Bukhari no. 1117 & HadistRiwayat. Muslim no. 2478).

Kemewahan Masjid Quba
Kemewahan Masjid Quba

Shalat di masjid Quba memiliki keutamaan. Menurut Hadits Nabi saw yg di riwayat kan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar Rasurullah SAW bersabda: “Barang siapa bersuci di rumah nya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalam nya, maka bagi nya pahala seperti pahala umrah”.( HadistRiwayat. Tirmizi no. 298. Ibnu Majah no. 1401)

Maka tidak heran jika para Jemaah dari berbagai penjuru dunia berkunjung ke masjid ini dan menunai kan sholat di sini. Selain itu juga para Jemaah bisa menikmati keindahan arsitektur Masjid Quba yang sangat indah dan menawan. Masjid yang berkali-kali di renovasi ini dengan mempertahankan model arsitektur yg bernuansa tradisional.

Terletak di sisi selatan, terdapat galeri terbuka dgn deretan tiang-tiang, sedang kan sebelah utara terdapat 2 serambi bertiang. Tdk heran jika arsitektur Masjid Quba jadi contoh masjid-masjid lain nya. Meski tdk berada di Makkah, namun di masjid ini menyedia kan air zamzam, Para peziarah bisa menikmati segar nya air zamzam. Seorang petugas akan melayani para jamaah yg ingin meneguk segarnya air yg berasal dari sumur tertua di dunia itu.

Bagi Anda yg suka berbelanja, di luar Masjid Quba banyak pedagang kaki lima yang menawarkan beragam barang kebutuhan haji dan umrah serta oleh-oleh.Barang-barang itu ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Sebuah peci,mislanya, hanya dijual sekitar dua riyal.

Kemewahan Masjid Quba
Kemewahan Masjid Quba

Demikian sedikit penjelasan tetang Kemewahan Masjid Quba. Jika anda berkeinginan mengunjungi tempat tersebut Rabbani tour bersedia mengantarkan anda ke tempat tersebut dalam program Wisata Muslim, dengan pilihan paket, Paket Tour Aqsha, Paket Tour Eropa Wisata Halal Turki dan pilihan paket umroh, Umroh Plus, Umroh Plus Mesir, Umroh Plus Aqsa, Umroh Plus Turki dan Umroh Akhir Tahun.

You might also like More from author