Kubah Berukir; Masjid Abu-Alabbas

Tidak ada yang bisa menampik keindahan Kota Alexandria di yang berada Mesir. Tapi, sesungguh nya keindahan itu tak sebatas rupa alam nya semata. Lebih dari itu, keindahan itu rupa nya telah melebur dengan bangunan-bangunan bersejarah yg menyelip kan keagungan mahakarya nya.

Satu di antaranya yang patut disambangi adalah Masjid Abu al-Abbas al-Mursi. Bangunan yang berdiri pada 1775 ini menjadi tanda terhadap hadirnya keagungan seni arsitektur Islam.
Masjid ini begitu kental dengan gaya arsitektur Mamluk. Gaya ini menjadi representasi dari Dinasti Islam Mamluk yang pernah berkuasa di Mesir dan Siria sepanjang abad ke-13. Selama masa berkuasa itulah, begitu banyak terlahir bangunan yang sarat dengan seni yang tampak rumit, tapi indah dipandang.

Kubah Berukir; Masjid Abu-Alabbas
Kubah Berukir; Masjid Abu-Alabbas

Abu al-Abbas al-Mursi lahir dari keluarga kaya di wilayah Andalusia, Spanyol, pada 1219. Saat pengaruh Kristen menguat di Spanyol, ia bersama keluarga nya hijrah ke Tunisia pada 1242. Selanjut nya, ia datang ke Alexandria yg saat itu menjadi tempat populer bagi kebanyakan ilmuwan Muslim.
Abu al-Abbas menetap di Alexandria selama 43 tahun sebagai seorang sarjana dan guru, hingga akhir hayat nya pada 1286. Dia di makam kan di sebuah bangunan kecil dekat pelabuhan timur di Alexandria.

Kubah berukir
Dari sisi luar, masjid ini terlihat begitu anggun dengan warna kremnya. Seperti gaya Mamluk pada umumnya, masjid ini memiliki kubah berbentuk silinder seperti drum. Di bagian atas kubahnya meruncing. Lantas, untuk mempercantik tampilan kubah, dihadirkanlah hiasan ukiran yang tampak begitu detail dan mengisi seluruh bagian kubah.

Kubah Berukir; Masjid Abu-Alabbas
Kubah Berukir; Masjid Abu-Alabbas

Lalu, di sisi selatan terlihat juga sebuah menara setinggi 73 meter. Dengan Bentuk menara nya juga tampak khas. Bagian dasar nya menempel dgn bangunan masjid berbentuk persegi. Lalu, naik ke bagian atas nya tampak bangunan berbentuk octagonal/ persegi 8. Sedang kan, pada bagian teratas nya memiliki bentuk bulat.
Pada bagian menara ini terdapat pula balkon layak nya bentuk menara di sejumlah masjid yg ada di Turki. Tapi, yg membedakan nya yaitu pada masjid bergaya Mamluk ini ditambahkan dengan hadirnya barisan tiang pada bagian balkon serta pada bagian bawah nya hadir hiasan muqarnas atau bentuk semacam stalaktit.

Kubah Berukir; Masjid Abu-Alabbas
Kubah Berukir; Masjid Abu-Alabbas

Seperti tertulis di Halaman sacred-destinations, masjid ini memiliki pintu masuk yg terletak di sebelah utara dan timur. Kedua nya menghadap alun-alun. Bagian utama masjid ini berbentuk oktagon dengan dinding internal yg hadir dengan batu yang di tampil kan berselang-seling. Cara mengemas bangunan inilah yang memperlihatkan kokohnya bangunan masjid yang berada tak jauh dari sisi pantai.

Penanda khusus yang lain nya yg tersaji di dalam masjid ini adalah hadir nya mitif-motif dekoratif yg menghiasi hampir di setiap sudut bangunan nya. Dengan bentuk Geometris ini terlihat cukup rumit & detail. Ciri khas gaya mamluk adalah motif dekorasi yg di kenal dengan mamluk star / mamluk rose, yaitu motif bintang yg saling berkaitan. Motif ini hampir selalu ada di setiap bangunan yang ada di Mesir.

“(Masjid) ini merupakan tempat penting untuk di kunjungi. Dengan bangunan nya yang sangat besar dan mengagum kan para pengunjung itu tentu nya harus bisa di jaga kelestarian nya untuk generasi masa depan agar mereka dapat memahami apa yang orang-orang masa lalu telah lakukan.

Demikian sedikit pembahasan kali ini tentang Kubah Berukir; Masjid Abu-Alabbas. Jika anda berkeinginan mengunjungi tempat tersebut anda bisa menghubungi Rabbani tour yang senan tiasa bersedia mengantarkan anda ke tempat tersebut dalam program Wisata Muslim dengan pilihan Paket Tour Aqsa, Paket Tour Eropa, Wisata Halal Turki dan juga pilihan paket Umroh, Umroh Plus, Umroh Plus Mesir, Umroh Plus Aqsa, Umroh Plus Turki dan Umroh Promo.

You might also like More from author