Madinah Al-Munawaroh (Kota yang Bercahaya)

NABI MUHAMMAD SAW. MENAMAI KOTA YASTRIB DENGAN “MADINATUN NABI’ ATAU KOTA SANG NABI DAN MADINAH AL MUNAWARAH yang ARTINYA KOTA BERCAHAYA.

Sejak Madinah menjadi pusat penyebaran agama Islam oleh Rasulullah Saw. dan para pengikutnya memantapkan keimananannya di bawah bimbingan Rasulluah Saw., musuh-musuh beliau di Mekkah terus berupaya dan bertekad menghancurkan Islam. Hal ini mengakibatkan terjadinya beberapa pertempuran baik yang dimenangkan oleh kaum muslim maupun yang tidak. Tahun 624 M, di sumur Badar dekat Madinah kaum muslim memperoleh kemenangan besar meskipun kalah dari segi jumlah dengan lawan mereka. Akan tetapi umat muslim mendapat ujian berat ketika pertempuran di Jabal Uhud, di gunung yang diperbatasan kota dengan lawan yang juga tidak seimbang.

Madinah sempat terancam direbut oleh Sepuluh Ribu prajurit Mekkah pada tahun 627 M ketika mereka mengepung kota Madinah selama lebih dari dua minggu. Tetapi berkat pembangunan serangkaian parit pertahanan (Khandaq) yang disarankan oleh sahabat Rasulluah Saw. yang bernama Salman Al Farisi di sekeliling kota Madinah, menyebabkan para penyerbu tidak bisa masuk ke kota Madinah dan pada akhirnya mundur.

Nabi Muhammad sangat mencintai kota Madinah. Beliau menghabiskan sekitar 10 tahun sisa hidupnya untuk tinggal di Madinah, sebelum akhirnya dipanggil yang Maha Kuasa. Nabi Muhammad Saw. mendorong semangat persaudaraan antara orang-orang Muslim Madinah yang dikenal dengan Kaum Anshar (Para Penolong) dan kaum migran dari Mekkah (Kaum Muhajirin). Nabi Muhammad Saw. selalu mendoakan keberkahan bagi kota ini. Bahkan beliau meminta kepada Allah Swt agar menjadikan

keberkahan Madinah dua kali lipat dibandingkan keberkahan yang dilimpahkan kepada Mekkah. Kota Madinah berada di lokasi yang strategis dengan batas wilayah kota-kota lain di sekelilingnya. Karena letak kota madinah yang strategis inilah maka banyak orang yang melakukan perdagangan ke Madinah. Ini juga menjadi salah satu alasan Rasullulah SAW menjadikan Madinah sebagai tujuan Hijrahnya.

Batas-batas wilayah kota Madinah :

Barat : Madinah berbatasan dengan Wabarah Lama yaitu hamparan tanah yang diliputi oleh bebatuan hitam. Di Timur Laut kawasan ini terdapat perkampungan Bani Salimah yang berdekatan dengan Masjid Qiblatain kemudian di sebelah ujung Barat terdapat Istana Urwah bin Zubair dengan sumur dan ladangnya. Di sebelah arat daya terdapat sebuah gedung pertemuan Quba dan perkampungan Bani Quaiqa.

Timur : Madinah dibatasi dengan daerah Waqim lama yaitu daerah yang diliputi bebatuan hitam. Di sebelah timur Quba ada perkampungan Bani Quraidhah dan Bani DhufrJuga ada perkampungan Bani Asyhal dan di utaranya ada perkampungan Bani Haritsah.

Baca juga info lainnya:

Selatan : Madinah dibatasi oleh Gunung Asyr, asyr adalah gunung tertinggi yang ada di Madinah setelah Gunung Uhud yaitu dengan ketinggian sekitar 1 km

Utara : dibatasi oleh Gunung Tsur yaitu deretan pegunungan kecil berwarna kemerah merahan yang berada di balik Gunung Uhud.

Artikel ini dimuat juga di Buku Umrah; Perjalanan Kembali ke SANG PENCIPTA; by MASRURA RAM IDJIAL. Sebuah buku yang mengupas seluk beluk Umroh, mulai dari persiapan, info di perjalanan, baik itu bandara, Hotel, Pesawat, Info tempat-tempat yang akan dikunjungi, tips umroh, manasik Umroh dan lain sebagainya.

Buku ini dibagikan GRATIS bagi jamaah umroh Rabbani Tour !

Tempat yang akan Dikunjungi ketika City Tour Madinah

Keutamaan Masjid Nabawi

  • Masjid kedua TERMULIA setelah masjidil Haram.
  • Satu shalat di Masjid Nabawi lebih baik dari 1000 shalat di masjid yg lain.
  • Di masjid Nabawi ada RAUDHAH
  • Diantara rumahku dan mimbarku ada sebuah TAMAN dari TAMAN TAMAN SURGA…
  • Terdapat MAKAM RASULULLAH SAW….
  • Makam Abu Bakar As Sidiq Ra
  • Makam Umar bin Khatab
  • Rasulullah Saw, menjadikannya sebagai kota Suci dan mendoakannya.
  • Kota Madinah dijaga oleh para Malaikat dan tidak akan dimasuki Dajjal.
  • Madinah menyeleksi penduduknya
  • Madinah memiliki Masjid Nabawi yg mempunyai banyak keutamaan.
  • Terdapat MAKAM RASULULLAH SAW dan kedua shahabat beliau Abu bakar AshShidiq ra, Umar bin Khatab ra, untuk mengucapkab salam kepada beliau dan kedua shahabatnya.
  • Pemakaman BAQI untuk mengucapkan salam dan mendoakannya
  • Makam Syuhada Uhud untuk mengucapkan salam dsn mendoakannya.
  • Masjid QUBA untuk shalat disana yg berpahala UMROH

Umroh Bersama Travel Umroh Terpercaya YUK !!!

Rabbanitour – Travel Umroh Terpercaya Sejak 1996, Jamaah 100% BERANGKAT!!! Ibadah Umroh Nyaman, Aman dan Insya Allah mabrur, Aaamiin. Segera dapatkan info lebih lanjut mengenai Paket Umroh Rabbanitour dan Wisata Halal Muslim melalui CS kami, bagi pengguna Whatsapp bisa KLIK no di bawah ini:

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini