Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda)

Jika anda berkunjung ke Belanda dan mencari daya tarik disana, – jika memang benar ada pabrik keju dimana anda bisa menyaksikan demontrasi gratis dan bebas untuk anda cicipi ketika anda masuk kesini dan juga tidak di kenakan biaya masuk. Sehingga tempat ini menjadi kunjungan ke sini sebagai tempat wisata yang wajib untuk di kunjungi dan di nikmati.

Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda)
Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda)

Keju merupakan sebuah makanan yang di hasilkan dengan memisahlan zat-zat padat dlam susu dengan melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini di lakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang di sebut dengan rennet. Hasil dari proses tersebut yang nantinya akan di keringkan, di proses kembali dan di awetkan dengan berbagai macam cara. Dari sebuah susu dapat di produksi dengan berbagai variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi di tentukan dari tipe susu, metode pengentalan,temperature, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan dan juga proses pematangan keju dan pengawetan. Umumnya, hewan yang di jadikan sumber air susu adalah sapi. Air susu unta, kambing, domba, kuda, ataupun kerbau yang di gunakan untuk beberapa tipe keju lokal.

Makanan ini di kenal di seluru penjuru dunia, namun di duga pertama kali nya di kenal di daerah sekitar Timur Tengah. Meskipun tidak dapat di pastikan kapan keju pertama kali nya di temukan, menurut legenda keju pertama kali nya di temukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari Arab.

Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium dan fosfor. Namun juga  terkandung lemak dan kolestrol yang dapat menyebabkan maslah pada kesehatan apabila terlalu sering mengosumsi nya. Besaran kandungan lemak dalam keju tergantung pada jenis susu yang di gunakan. Keju yang dapat di buat dengan susu murni atau yang sudah di tambahkan dengan krim yang memiliki kandungan lemak, kolestrol dan kalori yang sangat tinggi. Keju sangat bermanfaat karena kaya akan protein, terutama bagi anak kecil karena mereka membutuhkan protein yang lebih banyak di bandingkan orang dewasa.

Pabrik keju Belanda

Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda)
Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda)

Pabrik keju Catharina Hoeve berlokasi di ZaanseSchans, desa kincir angin. Pabrik rumahan ini merupakan replika pabrik khas Belanda zaman dahulu. Terletak di antara kincir angin, padang rumput yang subur dan dekat dengan sungai Zaan. Lokasi yang unik untuk dikunjungi, yang menawarkan banyak atraksi wisata.

Kunjungan

Pabrik rumahan ini dilengkapi dengan peralatan untuk membuat keju. Apa yang lebih identik dengan Belanda selain keju? Anda bersama teman-teman di persilah kan untuk mempelajari segala sesuatu tentang keju. Para pekerja yang memakai pakaian tradisional mendemonstrasikan pembuatan keju dengan cara tradisional. Mereka juga menjelaskan secara rinci mengenai jenis-jenis keju. Yang paling penting, semua keju-keju ini diproduksi sendiri, termasuk keju Gouda, keju kambing (goat cheese) dan keju herbal (herb cheese).

Asal Usul Keju

Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda)
Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda)

Keju sudah diproduksi sejak zaman prasejarah walaupun tidak ada bukti pasti kapan pembuatan keju pertama kali dilakukan. Masyarakat prasejarah mulai meninggalkan gaya hidup nomaden dan beralih menjadi beternak kambing, domba maupun sapi. Karena kebersihan yang kurang, terkena sinar matahari secara langsung atau terkena panas dari api maka susu dalam bejana tersebut menjadi asam dan kental. Setelah dicoba ternyata susu tersebut masih dapat dimakan, dan itulah pertama kalinya manusia menemukan keju krim asam (sour cream cheese).

Keju krim manis (sweet cream cheese) juga ditemukan secara kebetulan. Sebuah legenda yang menceritakan bahwa beberapa pemburu yang membunuh seekor anak sapi, kemudian membuka perutnya dan menemukan sesuatu berwarna putih yang memiliki rasa yang enak. Adanya enzim rennet di dalam perut sapi menyebabkan susunya menjadi kental, sehingga menjadi apa yang kita sebut keju saat ini. Cerita lainnya mengatakan bahwa keju ditemukan pertama kali di Timur Tengah oleh seorang pengembara dari Arab. Pengembara tersebut melakukan perjalanan di padang gurun mengendarai kuda dengan membawa susu di pelananya. Setelah beberapa lama, susu tersebut telah berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih. Karena pelana penyimpan susu terbuat dari perut binatang (sapi, kambing ataupun domba) yang mengandung rennet, maka kombinasi dari rennet, cuaca yang panas dan guncangan-guncangan ketika mengendarai kuda telah mengubah susu menjadi keju, dan setelah itu orang-orang mulai menggunakan enzim dari perut binatang untuk membuat keju.

Keju Pada Zaman Modern

Pada abad ke-19, Ferdinand Cohn menjadi orang pertama kali yang menemukan bahwa proses pematangan keju diarahkan oleh mikroorganisme. Setelah itu, semakin banyak pula riset yang di lakukan berhubungan dengan keju dan proses pembuatan nya. Dengan berkembang nya pengetahuan tentang keju baik dari segi biologis maupun kimiawi, proses pembuatan keju pun menjadi umum di masyarakat. Hasilnya, perusahaan-perusahaan kecil maupun peternakan-peternakan berlomba-lomba memproduksi keju mereka sendiri.

Pabrik pertama yang memproduksi keju dibuka pada tahun 1815 di Swiss, tetapi di Amerika Serikatlah produksi keju skala besar pertama kali sukses. Saat ini, diperkirakan ada lebih dari 400 jenis keju di dunia. Pada masa Perang Dunia II, keju buatan pabrik semakin populer, mengalahkan keju yang dibuat secara tradisional. Sejak saat itu, pabrik-pabrik telah menjadi sumber penghasil keju terbesar di Amerika dan Eropa.

Pembuatan keju

Keju memiliki gaya dan rasa yang berbeda-beda, tergantung jenis air susu yang digunakan, jenis bakteri atau jamur yang dipakai dalam fermentasi, lama proses fermentasi maupun penyimpanan (“pematangan”). Faktor lain misalnya jenis makanan yang dikonsumsi oleh mamalia penghasil susu dan proses pemanasan susu. Walaupun ada ratusan jenis keju yang diproduksi di seluruh dunia, namun keju secara mendasar dibuat dengan cara yang sama.

Berdasarkan Jenis susu yang di gunakan

  • Keju Proses
  • Keju segar
  • Pasta Filata
  • Keju krim asam
  • Keju vegetarian

Kandungan Gizi

  • Lemak
  • Protein
  • Mineral
  • Vitamin
  • Laktosa

Belanja Makanan Khas Belanda

Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda) Hj.Masrura Ram Idjal
Mengunjungi Pabrik keju Catharina Hoeve Cheese (Belanda) bersama Ibu Hj.Masrura Ram Idjal

Setelah demontrasi, anda beserta Jemaah lainnya yang ikut dalam program Umroh Plus Eropa akan di persilahkan untuk mengunjungi toko yang ada di pabrik ini. Disini, anda dapat menyusuri lemari-lemari kayu yang berisi bermacam-macam jenis keju. Keju-keju tersebut boleh di cicipi dengan gratism dan juga anda dan para Jemaah lain bisa mencoba semua rasa. Tidak hanya keju, toko ini juga menjual beragam makanan khas belanda seperti wafel,karamel, coklat, dan roti jahe serta souvenir. Kios makanan ringan memberikan anda kesempatan untuk berbelanja macam-macam roti isi, minuman atau es krim.

Untuk pengunjung pribadi bisa datang kapan saja saat jam operasional tanpa perjanjian. Pabrik keju Catharina Hoeve buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00.

Tidak lah lengkap jika berkunjung ke belanda tidaklah mampir kesini, karena selain bisa mencicipi nya secara gratis juga anda bisa melihat bagaimana cara pembuatannya.

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini