Menikmati Ibadah Umroh Sekaligus Wisata Kuliner

Menikmati Ibadah Umroh Sekaligus Wisata KulinerAda pepatah yang mengatakan, “Sambil menyelam minum air”. Pepatah ini sangat cocok bagi anda yang sedang umroh, namun juga ingin menikmati wisata kuliner yang dijajakan di sekitar anda beribadah. Berikut beberapa masakan yang tersedia di Mekkah dan madinah :

• Kebab
Kebab terdiri dari potongan kecil-kecil daging ayam, domba, atau sapi yang dibakar, yang disajikan bersama dengan tomat, bawang bombay, ketimun, dan selada didalam roti pita yang sudah dipanggang. Harga satu kebab yang berisi daging sapi atau kambing berkisar 3 SAR, sedangkan kebab berisi daging ayam berkisar 4 SAR yang menurut tukar rupiah1 SAR = Rp. 3000.
• Tamir
Tamis yang merupakan makanan khas dari afghanistan yang dibuat dari adonan tepung gandum yang dibakar di dalam tungku tanah. Tamis disajikan dengan berbagai rasa,yaitu rasa tawar agak gurih (plain), rasa manis dengan taburan gula dan wijen (tamis sukariy), dan adapula rasa keju (jubnah). Cara memakannya dengan mecocol tamir ke dalam ful. Ful adalah merupakan adonan campuran kacang merah yang telah dihaluskan sebelumnya. Harga tamis berkisar setengah riyal hingga 2 riyal dengan nilai tukar rupiah 1 riyal = Rp. 3000.
• Roti Paratha
Di Indonesia roti ini dikenal sebagai roti maryam. Roti ini berupa campuran adonan dari tepung terigu, air, telur dan mentega. Roti ini dipanggang sampai bewarna agak kecoklatan, kemudian disajikan dengan kari, baik Kari ayam, sapi, atau kambing. Bagi anda yang tidak menyukai kari, anda bisa menggantinnya dengan susu kental manis, madu atau cabe tergantung selera anda. Harga roti paratha berkisar 3 riyal.
• Falafel
Falafel berisi kacang arab yang telah diolah sebelumnya dengan cara digilling halus, kemudian ada telur, garam, dan merica. Penyajian falafel ini dengan cara digoreng. Bentuk dan ukuran falafel bermacam-macam, mulai dari seukuran perkedel hingga seukuran kroket yang ada di Indonesia.

You might also like More from author