Pesona Sejarah Kota Bethlehem

Bethlehem menjadi salah satu wilayah di bawah kekuasaan penuh oleh Otoritas Palestina – kata Bethlehem merupakan satu kata Bahasa arab yang berarti Rumah ( bayt ) Daging ( Lahm), dalam Bahasa ibrani berarti Rumah ( Bet) Roti ( lahem ), Bahasa yunani berarti sebuah kota Palestina yang merupakan pusat kebudayaan di palestina.

Pesona Sejarah Kota bethlehem
Pesona Sejarah Kota bethlehem

Sejarah kota Bethlehem 

  • Kota Bethelehem ini adalah peninggalan Nabi Isa al-masih, tetapi untuk sekarang kota ini banyak orang Kristen yang tinggal, sementara hanya minoritas saja umat musim yang tinggal.
  • Di kota Bethlehem tersebut terdapat suatu masjid yang sangat bersejarah dan sudah tua sekali yaitu masjid omar.  Adapun kondisi fisik masjid omar antara lain :
  • Letak masjid omar berada di sebelah selatan gereja nativity atau makam suci yang ada di muristan.
  • Masjid ini di dirikan oleh khalifah ke 3 yaitu umar bin khattab pada tahun 581 sampai 644 masehi.  Setelah umar wafat kemudian kepemimpinan diganti oleh Rasyidin Muslim.
  • Pada tahun 637 masehi umar bin khattab melakukan perjalanan ke kota Bethlehem dengan tujuan untuk mengeluarkan isi hokum dari undanng – undang untuk menjamin keselamatan bangunan gereja yang ada di sekitar nya. Tetapi setelah itu , umar berdo’a kepada Allah akan keputusannya tersebut di mesjiid umar ini.
  • Menurut ensliklopedia yang berbahasa inggris masjid umar ini di dirikan pada tahun 1860-1955, setelah itu barulah ada perbaikan untuk masjid.
  • Adapun arsitektur masjid umar yang terlihat sekarang merupakan usaha konstruksi oleh Ayyubiyah sultan al-afdhal bin salah ad-Din pada tahun 1193 dalam rangka mengenang sejarah perjuangan umar bin khattab.

 

Pesona Sejarah Kota bethlehem
Pesona Sejarah Kota bethlehem

Dari semua penjelesan di atas ada hal-hal yang penting yang harus anda di ketahui tentang adanya koeksistensi atau toleransi antar umat beragama. Salah satu contoh nya pada saat pemerintahan kota yordania, tanah yang digunkan untuk membangun masjid pada renovasi yang ke2 merupakan sumbangan dari umat Kristen dari gereja ortodoks yunani.  Bahkan pada masa lalu untuk penerangan masjid di tawari minyak zaitun oleh mereka. 

Di kota Bethlehem juga terdapat baitul maqdis yang sangat indah. Pada tahun 8 masehi tempat ibadah orang yahudi di dirikan di sekitar baitul maqdis tetapi kemudian di handur kan oleh orang babel atau babilonia.  Pendirian gereja disana tidak pernah ingin menyerah dan mundur orang yahudi dari Israel terus merebut kekuasaan dari yerusalem dan pada tahun ke 70 msehi, di dirikan kembali gereja yang bernaa Haikal Sulaiman, yang tempat nya pada saat kekaisaran bangsa Romawi. 

Disana terdapat masjid yaser Arafat yang berdiri sangat megah, dan di sana lah kita dapat menemukan minoritas umat muslim yang sedang berjuang di negara bangsa yahudi. 

Untuk para jamaah haji atau umroh, selain kita bisa melihat suasana marak nya bangunan gereja di Bethlehem , kita juga dapat mengunjungi  mesjid al aqsha yang berada d baitul maqdis atau di yerusslem.

Lalu..Mengapa kita harus berkunjung ke kota Bethlehem? karena merupakan kota bersejarah di sini terdapat sejarah islam yg sekarang di rebut oleh bangsa israel. Di dalam al-qur’an kita sudah mengetahui akan keserakahan bangsa Israel maka dari itu hal ini patut kita syukuri untuk senantiasa mengingat Allah swt. Bahwa di tempat suci masjidil aqsa Nabi Muhammad SAW naik ke langit dalam rangka mi’raj beribadah kepada-Nya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Pesona Sejarah Kota Bethlehem. Rabbani tour senan tiasa bersedia mengantarkan anda ke tempat tersebut dalam program Paket Wisata Muslim dengan pilihan yang bisa anda pilih Aqsha Muslim Tour, Bangkok Muslim Tour, Australia Muslim Tour dan Korea Muslim Tour. 

 

 

You might also like More from author