Puasa Di Bulan Muharram dan Keutamaanya

Puasa di bulan Muharam dan Keutamaanya

Bulan Muharam yaitu, bulan pertama dlm kalender Hijriyah dan di sebut juga sebagai bulan syuuro oleh masyarakat Indonesia karena ada syuuro di dalam bulan Muharam (Hari Tasuu’a dan Asyura 9- 10 Muharamm). Bulan ini disebut oleh Nabi Muhammad SAW sebagai Syahrullah (Bulan Allah) bulan yang mulia. Bulan-bulan Haram tersebut antara lain Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram. Amalan sholeh yg diperintahkan saat itu yaitu puasa seperti Anjuran dari Nabi Muhammad SAW mendorong umatnya untuk melakukan puasa di bulan Muharam,Sebagai mana Nabi Muhammadb SAW bersabda 9-10 Muharam Hari Asyura ;

Puasa Di Bulan Muharram Dan Keutamaanya
Puasa Di Bulan Muharram Dan Keutamaanya

Puasa yg paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah SWT – Muharram. Sementara shalat yg paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HadistRiwayat. Muslim no.1163, dari Abu Hurairah).

 

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah SWT yaitu 12 bulan. Dlm ketetapan Allah SWT di waktu Dia menciptakan langit & bumi, di antara nya 4 bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yg lurus, maka janganlah menganiaya diri dlm bulan yg 4 itu, perangilah musyrikin semuanya. Ketahuilah bahwasan nya Allah SWT beserta orang-orang yg ber taqwa.”( QS. AT-Taubah: 36).

 

Salah satu dari 4 bulan haram itu adalah bulan Muharam. Hal ini terlihat jelas dari kandungan hadits sahih berikut ini :
“Di dlm satu tahun ada 12 bulan. Di antaranya terdapat 4 bulan yang mulia. Tiga di antaranya berturut-turut; Dzulqa’dahh, Dzulhhijjah, dan Muharram.(Adapun bulan) Rajab berada di antara bulan Jumada dan Sya’bann.” (HR. Bukhari no. 2958 dari Abu Bakar).

Al Muharam: dlm artian bahasa Arab yaitu, waktu yg di haramkan untuk menzalimi diri-diri kita dan berbuat dosa.

 

Akan tetapi terdapat riwayat bahwa Nabi SAW sama sekali tdk pernah berpuasa selama sebulan nya penuh, selain bulan Ramadan. Maka hadits di atas dipahami bahwa hendak nya memperbanyak ibadah puasa pada bulan Muharamm, bulan berpuasa selama sebulan penuh di bulan tersebut.

 

Imam Nawawi menjelaskan bahwa – Hadits ini merupakan penegasan bahwa sebaik-baik nya  bulan untuk berpuasa adalah pada bulan Muharram.”(Syarh Shahih Muslim, 8: 55)

Keutamaan Puasa di Bulan 9-10 Muharam :

  • Wujud syukur kepada Allah yg telah menyelamatkan hamba-hamba -Nya yg beriman dari kejahatan orang-orang kafir, yaitu selamatnya Nabi Musa dan Harun As bersama Bani Israil dari kejahatan Fir’aun dan bala tentaranya. Hadits yg menyebutkan hal ini telah disebutkan di atas.
  • Meneladani nabi Musa, Harun dan Muhammad SAW, yg berpuasa pada hari ‘Asyura. Yaitu 9-10 Muhararm,Hadits yg menyebutkan hal ini telah disebutkan kembali di atas.
  • Meneladani para sahabat radhiyallahu‘ anhum yg melakukan puasa ‘Asyura, bahkan melatih anak-anak mereka untuk melakukan puasa‘ Hadits yg menyebutkan hal ini telah disebutkan di atas.
  • Menghapuskan dosa-dosa kecil selama se tahun sebelumnya, selama kesyirikan dan dosa-dosa besar dijauhi.

-Dari Abu Qatadah Al- Anshari RA bahwasan nya :

“Nabi Muhammad SAW ditanya tentang puasa hari ‘Asyura, maka beliau bersabda: “Ia dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu (Hadist Riwayat Muslim no. 1162) .

keutamaan shaum asyuura

Demikian uraian mengenai Puasa di Bulan Muharram dan Keutamaanya. Untuk lebih lanjut ada Umroh Gratis Untuk Para Penghafal Quran. Bisa langsung di cek untuk kelengkapan lebih rinci di Rabbani Tour.

You might also like More from author