Travel Umroh Terpercaya 2017

Sejarah Kota 3 Nabi (Kota Hebron)

Hebron – adalah nama lain dari Al-Khail, yaitu nama yang di sematkan pada Nabi Ibrahim AS. Hebron terkadang juga di sebut dengan nama Hebrew. Kota ini terletak di tepi barat kota Palestina. Dan merupakan salah satu kota terbesar di Tepi Barat / sekitar 30 Km dari selatan Yerussalem. Hebron merupakan salah satu pusat perdagangan berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti anggur,buah ara,kapur , tembikar dan susu. Kota ini juga ramai di kunjungi. Sebab, di kota ini terdapat makam 3 Nabi dan istrinya yaitu Nabi Ibrahim AS dan Istrinya yaitu Siti Sarah. Karena nya Kota Hebron merupakan salah satu kota suci bagi umat Yahudi, karena Nabi Ishak & Yakub di makamkan di sini dan juga istinya Nabi Ishak yang bernama Ribka dan Istri Nabi Yakub yaitu Leah.

Sejarah Kota 3 Nabi (Kota Hebron)
Sejarah Kota 3 Nabi (Kota Hebron)

Pada jaman Isa AL-Masih di pemakaman ini di bangun sebuah tembok yg mengelilingi dan kawasan ini di namakan dengan jampung Rumah Ibrahim Al-Khail. Tdk salah jika Kota Hebron ini di sebut dengan Kota Tiga Nabi Yaitu, Nabi Ibrahim, Nabi Ishak dan Nabi Yakub.

Nabi Ibrahim
Sebagaimana disebutkan dalam berbagai buku sejarah para nabi,  sebelum Ibrahim membawa Hajar dan Ismail ke Makkah, mereka tinggal bersama di Hebron. Nabi Ibrahim menetap di kota ini, setelah meninggalkan Kota Babilonia. Di Babilonia, Ibrahim sempat berhadapan dengan Raja Namrudz, karena ia menghancurkan berhala yang menjadi sesembahan masyarakat saat itu.

Nabi Ishak
Dalam Athlas Al-Qur’an, Syauqi Abu Khalil menjelaskan, sesudah Hajar dan Ismail diungsikan ke Makkah oleh Nabi Ibrahim, maka tak lama kemudian, Siti Sarah pun hamil. Tentu saja, kehamilan ini merupakan anugerah Allah kepada Siti Sarah dan Nabi Ibrahim. Sebab, keduanya sudah berusia lanjut.

Nabi Ya’kub
Sementara itu, Nabi Ya’kub adalah putra dari Nabi Ishak. Ia dilahirkan tahun 1837 SM, dan wafat pada 1690 SM. Ketika Nabi Ishak berdakwah kepada kaumnya di Hebron, Nabi Ya’kub mendapat tugas berdakwah di daerah Syam (Suriah, sekarang). Ia berdakwah kepada kaum atau bangsa Kan’an juga.

Hebron Pada Masa Pemerintah Islam

Sejarah Kota 3 Nabi (Kota Hebron)
Sejarah Kota 3 Nabi (Kota Hebron)

Kota Hebron masuk dalam wilayah pemerintahan Islam di zaman Khalifah Umar bin Khattab. Yakni, sekitar abad ke-7 Masehi, atau sekitar tahun 25 H/638 M. Pemerintahan Islam berhasil memasuki Kota Hebron tanpa perlawanan.

Selama masa itu, kehidupan masyarakat berjalan damai dan tenteram. Bahkan, pusat perdagangan berkembag pesat. Khususnya dengan orang Badui di Tanah Nageb dan penduduk di sebelah timur dari Laut Mati. Ahli geografi Yerusalem, George A Makdisi, menggambarkan keindahan kota itu pada tahun 985 M.

“Habra (Hebron) merupakan desa Ibrahim al-Khalil. Di sana terdapat sebuah bangunan yang sangat indah, berbentuk persegi empat. Di dalam nya terdapat kuburan Nabi Ibrahim, Nabi Ishak,dan Nabi Ya’kub, beserta dengan istri-istri nya Sarah, Ribka, dan Leah. Di sekitar bangunan tersebut, terdapat perkampungan yang sangat maju dalam bidang pertanian dan perkebunan. Ada banyak kebun anggur, apel, dan lainnya. Buah-buahan itu dikirimkan ke Mesir,” tulis Makdisi.

Pada masa pemerintahan Mamluk dan Ayyubiyah, wilayah Hebron berganti nama menjadi al-Khalil. Nama ini di berikan oleh Shalahuddin al-Ayyubi setelah ia merebut kota tersebut pada tahun 1187 M. Kemudian pemerintahan Ayyubiyah di gantikan oleh kekuasaan Turki Usmani.

Di masa inilah, di keluarkan dekrit yang melarang orang Kristen dan Yahudi memasuki kota itu. Dan hingga pertengahan abad ke-14, dekrit tersebut berakhir dengan di berikan nya kesempatan kepada semua orang untuk memasuki nya, termasuk kompleks perkampungan al-Khalil.

Maka sangat lah wajar jika kita berkunjung ke sini berjiarah ke makam 3 Nabi beserta dengan istri nya. Karena tempat tersebut sudah menjadi tujuan wisata muslim untuk mengunjungi kota tersebut.

Demikian penjelasan tentang Sejarah Kota 3 Nabi (Kota Hebron). Jika anda berkeingina berkunjung ke tempat tersebut Rabbani tour senan tiasa bersedia mengantarkan anda ke tempat tersebut dalam program Paket Wisata Muslim dengan pilihan yang bisa anda pilih Aqsha Muslim Tour, Bangkok Muslim Tour, Jepang Muslim Tour dan Korea Muslim Tour.

klik salah satu staff kami untuk chat langsung via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini
DAPATKAN DISKON
HARI INI JUGA !
Rp 250.000*
CATATAN : PROMO TERBATAS untuk 50 ORANG SAJA! dan hanya berlaku 1 HARI SAJA untuk SEMUA PROGRAM UMROH*. Info lebih lanjut KONTAK KAMI SEGERA !
UPDATE : SISA SEAT PROMO TINGGAL 5 ORANG !
KESEMPATAN MENDAPATKAN PROMO FREE HANDLING DIPERPANJANG SAMPAI 3 SEPTEMBER 2017
EBOOK SEJARAH HAJI DAN UMROH
GRATIS
Ingin Mengenal Lebih Dalam Mengenai “Sejarah Haji Dan Umrah” ? akan kami kirim ke email Anda (PDF) sekarang juga Isi Nama dan alamat EMAIL Anda di bawah ini
All transactions are safe. We never share your data with 3rd partes.
2017 (C) All rights reserved.