Travel Umroh Terpercaya 2017

Travel Terpercaya – Singgah ke Masjid Al-Ghamama (Madinah)

Disebut sebagai Masjid Id (Masjid hari raya) karena di lokasi tempat masjid ini berdiri merupakan tempat Nabi Muhammad S.A.W melaksanakan sholat hari raya di empat tahun terahir kehidupan Beliau.

Kata al-ghamama – yang artinya “Awan yang menaungi” (Mendukung). Letak masjid ini berdampingan dengan masjid Nabawi, yang di sebelah barat Madinah al-Munawwarah Masjid Al Ghamamah terletak sekitar 350 sebelah barat daya Masjid Nabawi. Dari arah Babussalam, jika kita melihat ke arah barat akan terlihat masjid yang memiliki banyak kubah-kubah kecil. Masjid ini mempunyai nilai sejarah tersendiri, yaitu dalam sejarah di katakan bahwa di tempat itu untuk pertama kali nya Nabi Muhammad Saw melaksanakan shalat Idul Fitri, shalat di alam terbuka (Lapangan), yaitu pada tahun kedua Hijriah. Memang, untuk shalat idul fitri dan Idul Adha, bila memungkin kan pelaksanaan nya yang di sunnah kan di alam terbuka (lapangan).

Singgah ke Masjid Al-Ghamama
Singgah ke Masjid Al-Ghamama

Di tempat itulah kemudian di bangun Al-Ghamama, yaitu untuk mengenang dan mengabdikan peristiwa ini. Adapun nama yang di berikan Al-Ghamamah “awan”, karena di situlah tempat permintaan Nabi Muhammad Saw memohon kepada Allah Swt. Begitu Nabi Muhammad Saw selesai (al-ghamama) datang, lalau turunlah hujan lebat. Dan dengan peristiwa ini, maka masjid yang di bangun di situ di sebut Masjid Awan (AL-Ghamama).
Lokasi ini adalah tempat terakhir Nabi Muhammad Saw shalat ‘Ied. Di namakan dengan Al- Ghamamah karena konon ada awan (ghamama) yang memayungi Nabi Muhammad Saw dari sinar matahari saat beliau sedang shalat.

“Liburan akhir tahun, Umroh Yuk?”

Dari riwayat lain di katakan “pada suatu ketika Nabi khutbah Idul Fitri terlalu panjang atau lama sehingga para jamaah gelisah karena terik matahari, datang lah mendung atau awan tebal yang menutupi matahari hingga setelah acara selesai”. Untuk mengingat kan acara ini di bangunlah sebuah masjid yang di beri nama Masjid Ghamamah yang berarti awan atau mendung. Masjid ini sampai sekarang masih di gunakan untuk shalat lima waktu bagi orang-orang di sekitar, namun tidak lagi di gunakan tempat shalat Idul Fitri, Idul Adha, Istisqa, atau Jum’atan.
Awalnya, lokasi masjid Ghamamah merupakan alun-alun yang berada di pusat Kota Madinah. Dahulu nya saat musim paceklik melanda Madinah, penduduk kota meminta kepada nabi untuk berdoa meminta hujan. Kemudian nabi melakukan shalat minta hujan di alun-alun itu.

Singgah ke Masjid Al-Ghamama
Singgah ke Masjid Al-Ghamama

Setelah salat, nabi segera berdoa meminta hujan kepada Allah SWT. Kemudian Allah SWT mengabulkan doa Nabi Muhammad Saw, begitu nabi selesai memohon, tiba-tiba Kota Madinah di selimuti oleh awan gelap dengan hujan lebat. Untuk mengenang peristiwa itu, nabi bersama sahabat sepakat untuk mendirikan sebuah masjid dan menamakannya Ghamamah yang berarti masjid Awan.
Masjid Al-Ghamamah di bangun pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz di Madinah. Kemudian di renovasi oleh Sultan Mamalik, Hasan bin Muhammad Qalawun Ash-Shalihi yaitu pada tahun 761 H.

Lokasi di mana masjid ghamama (ghamama masjid) berdiri hari ini merupakan daerah terbuka selama zaman Nabi Muhammad SAW dimana sholat Idul Fitri dan Idul Adha yang paling sering di adakan. Saat ini masjid Ghamama sangat dekat dengan masjid Nabawi karena perluasan dari masjid Nabawi. Masjid ini telah di berikan nama ini karena ini merupakan tempat dimana Nabi Muhammad SAW berdoa meminta untuk hujan, setelah itu hujan deras.

Pada masa Sultan Inal (tahun 861 H) di lakukan perbaikan-perbaikan. Setelah itu, Sultan Abdul Majid I melakukan renovasi secara sempurna hingga masa kini, selain perbaikan-perbaikan yang di lakukan oleh Sultan Abdul Hamid dan Pemerintahan Arab Saudi.

Masjid Al-Ghamama ini berbentuk persegi panjang, terdiri dari dua bagian jalan masuk dan aula shalat. Jalan masuk nya berbentuk persegi panjang dengan panjang 26 meter dan lebar empat meter. Di beri atap dengan lima kubah bola. Memiliki lengkungan dan runcing.
Di bagian luar, Masjid Al-Ghamamah di hiasi dengan lapisan batu basal hitam.

Singgah ke Masjid Al-Ghamama
Singgah ke Masjid Al-Ghamama

Di bagian atas nya terdapat kubah tengah yang terpasang di atas jalan masuk masjid bagian luar. Kubah-kubah ini lebih rendah dari enam kubah yang membentuk atap aula shalat. Jalan masuk terbuka di bagian utara di jalan raya melalui lengkungan runcing. Sementara aula shalat memiliki panjang 30 meter dan lebar 15 meter aula ini dibagi menjadi dua serambi dan di atapi dengan enam kubah dalam dua barisan yang sejajar. Yang paling besar adalah kubah mihrab. baca juga (Apa itu MERS-CoV? Bahayakah Untuk Jemaah Haji dan Umroh?)

Pada dinding aula shalat bagian timur terdapat dua jendela persegi panjang. Pada bagian atas nya terdapat dua jendela kecil dan di atas nya lagi terdapat jendela ketiga berbentuk bulat. Hal yang sama juga terdapat pada aula shalat bagian barat. Mihrab Masjid Al-Ghamama berada di tengah dinding aula shalat bagian selatan. Di samping mihrab terdapat mimbar pualam yang memiliki sembilan tangga. Bagian atas nya terdapat kubah berbentuk kerucut. Pintu nya berasal dari kayu yang di hias dengan khat Utsmani.

Sementara itu, menara adzan nya berada di sudut barat laut. Bagian bawah menara berbentuk persegi empat setinggi masjid. Kemudian berubah bentuk menjadi persegi delapan, dan berakhir.Di bagian luar, Masjid Al-Ghamamah dihiasi dengan lapisan batu basal hitam. Sementara itu, bagian atas kubahnya dipoles dengan warna putih. Di bagian dalam, dinding dan cekungan kubah dan di poles dengan warna putih. Tiang-tiang penyangga masjid di poles dengan warna hitam sehingga memberikan pemandangan indah pada masjid dengan dua warna yang serasi.

Di lokasi ini juga (ketika belum di bangun bangunan masjid) atau di lokasi yang berdekatan dengan lokasi masjid ini, Nabi Muhammad SAW pernah melaksanakan sholat jenazah bagi Najashi, Kaisar Aksum di Abbysinia (kini Ethiopia). Dalam riwayat yang di sebut kan bahwa Najashi adalah seorang raja di kerajaan Aksum di Ethiopia yang beragama Kristen, namun menyambut baik kedatangan kaum muslimin yang mengungsi ke negeri nya menghindar dari kekejaman kafir Quraisy Mekah. Di kemudian hari Najashi pun berikrar masuk Islam

Ketika Najashi wafat, tak ada siapapun yang bersedia memimpin sholat jenazah bagi nya dan kemudian Nabi Muhammad Saw yang men-sholatkan beliau secara ghaib. Peristiwa ini merupakan satu-satu nya peristiwa Nabi Muhammad Saw dalam melakukan sholat ghaib atau sholat jenazah tanpa kehadiran dari jenazah yang di sholatkan.

Sayang nya, berdasarkan berita yang kini beredar di berbagai media, dalam bulan ini pemerintah Saudi Arabia akan memulai pembangunan perluasan Masjid Nabawi dengan menggusur bangunan bangunan yang ada di areal ini termasuk Masjid Ghamama, Masjid Umar dan Masjid Ali.

Seperti juga Masjid-masjid di sekitar Masjid Nabawi, Masjid al-Ghomamah hanya dibuka waktu sholat Maktubah (sholat lima waktu) saja. Tentu selain Sholat Jum`at, sebab kalau Sholat Jum`at harus ke Nabawi.

Seperti itulah gambaran masjid al-ghmama yang di sebut sebagai masjid awan yang terletak di madinah.

Umroh Bersama Rabbanitour – Travel Umroh Terpercaya Sejak 1996

Jangan lewatkan info terupdate promo umroh. Untuk info paket dan biaya, anda dapat langsung menghubungi CS kami di 0822-8000-1799 atau langsung mengunjungi kantor kami di jl. Lengkong Kecil no.4 Bandung atau ke kantor Perwakilan kami yang berada di Lampung dan Bogor. Bagi anda pengguna Aplikasi Whatsapp, bisa Klik no di bawah ini:

klik salah satu staff kami untuk chat langsung via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini
DAPATKAN DISKON
HARI INI JUGA !
Rp 250.000*
CATATAN : PROMO TERBATAS untuk 50 ORANG SAJA! dan hanya berlaku 1 HARI SAJA untuk SEMUA PROGRAM UMROH*. Info lebih lanjut KONTAK KAMI SEGERA !
UPDATE : SISA SEAT PROMO TINGGAL 5 ORANG !
KESEMPATAN MENDAPATKAN PROMO FREE HANDLING DIPERPANJANG SAMPAI 3 SEPTEMBER 2017
EBOOK SEJARAH HAJI DAN UMROH
GRATIS
Ingin Mengenal Lebih Dalam Mengenai “Sejarah Haji Dan Umrah” ? akan kami kirim ke email Anda (PDF) sekarang juga Isi Nama dan alamat EMAIL Anda di bawah ini
All transactions are safe. We never share your data with 3rd partes.
2017 (C) All rights reserved.