Tata Cara Mandi Nifas

Tata Cara Mandi Nifas – Berikut akan kami jelaskan tata cara mandi Haidl, penjelasan mandi haidl juga merupakan penjelasan mengenai nifas bagi wanita yg melahirkan. Terkadang kata nifas mempunyai makna haidl. Rosululloh SAW pernah bertanya kepada istrinya yaitu Aisyah ra. “Apakah engkau nifas/haidl?” ketika bersedih dikarenakan tidak dapat mengikuti thawaf seperti wanita lain yg dapat melakukannya.

Tata Cara Mandi Nifas
Tata Cara Mandi Nifas

 

berdasarkan penjelasan dalil di atas, dapat dipahami bahwa cara mandi haidl/nifas yg pernah dijelaskan oleh Rosululloh SAW kepada Asma’, yaitu:

Tata Cara Mandi Nifas
Tata Cara Mandi Nifas

 

 

 

Tata Cara Mandi Nifas

  1. Mempersiapkan air & daun sidrah/bidara (untuk sekarang bisa diganti dengan sabun)

Menyiapkan terlebih dahulu air & daun sidrah, jika itu ada. Jika memang tidak ada maka bisa digantikan dengan sabun untuk membersihkan bekas darah yg mungkin masih melekat pada daerah kemaluannya.

Disunahkan memakai sabun & alat pembersih lainnya agar dapat menghilangkan bau tidak sedap dari bekas haidl/nifas.

 

  1. Berniat (bisa diucapkan maupun tidak)

 

  1. Membaca tasmiyah (Bismillah)

 

  1. Bersuci (Wudlu) dan membaguskan wudlunya

Bagi wanita yg hendak mandi haidl/nifas maka awalilah dengan berwudlu yg sempurna, bisa menyisakan pembasuhan kaki ataupun tidak. Sebagaimana mandi janabat.

Sebagaimana dalam hadits berikut:

Tata Cara Mandi Nifas
Tata Cara Mandi Nifas

 

  1. Menuangkan air ke atas kepala kemudian digosok-gosok agar sampai ke akar rambut

Menuangkan air ke atas kepala kemudian menggosok-gosoknya dengan jari agar air bisa sampai ke kulit kepala. Maka disyariatkan agar rambut diurai/dilepaskan sanggul atau kepangan rambutnya.

Tata Cara Mandi Nifas
Tata Cara Mandi Nifas

 

  1. Menuangkan air ke seluruh tubuh

Setelah itu mengguyurkan air ke seluruh tubuh, mandi seperti umumnya seseorang mandi. Boleh menggunakan sabun ke seluruh tubuh supaya hilang bebauan yg tidak sedap. Boleh juga memakai sampo biar bersih, harum dan sehat rambut kepalanya.

 

  1. Setelah mandi, ambil secarik kain yg sudah diberi wewangian dan oleskan untuk mengelap bekas-bekas darahnya

Setelah selesai mandi haidl & nifasnya, hendaklah mengambil secarik kain yg sudah diberikan wewangian kemudian mengoleskan pada kemaluannya, serta pada bagian yg terkena bekas darah haidl/nifas.

Tata Cara Mandi Nifas
Tata Cara Mandi Nifas

 

Demikian artikel singkat mengenai Tata Cara Mandi Nifas semoga ada manfaat. Rabbani Tour menyediakan juga panduan Tata cara mandi wajib setelah haidh atau junub, Tata Cara Sholat Dhuha. Adapun mengenai Umroh, bisa dilihat disini Umroh Plus.

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini