Tata Cara Nazar

Tata Cara Nazar – “jika anak saya lulus ujian, saya akan sedekah ke masjid Rp10.000.000” atau “jika saya diterima di perusahaan tersebut, saya bernadzar untuk umroh bersama Rabbanitour di tahun 2017 besok” itu sebagian contoh nazar. Dengan contoh tersebut nazar berarti mewajibkan pada diri sendiri dengan suatu perkara yg sebenarnya tidak wajib. Berikut akan dijelaskan dalam artikel ini hukum dan bagaimana Tata Cara Nazar.

Berikut Dalil-dalil yang Menunjukkan Terlarangnya Bernazar

Berikut Hadits dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma.

Tata Cara Nazar
Tata Cara Nazar

Dari penjelasan hadits di atas bahwa nazar itu terlarang. Demikian pendapat jumhur ulama yg memakruhkan bernazar. Akan tetapi jika memang sudah terlanjur diucapka, maka nazar tersebut akan menjadi wajib untuk ditunaikan.

Berikut dalil-dalil yang Menunjukkan Wajibnya Menunaikan Nazar

Firman Alloh SWT dalam surat Al-Hajj: 29, Al-Baqarah:270 dan Al-insan:5-7.

Tata Cara Nazar
Tata Cara Nazar

Kemudian hadits dari Aisyah dan ‘Imron bin Hushoin radhiyallahu ‘anhuma.

Tata Cara Nazar
Tata Cara Nazar

Dari penjelasan ayat & hadits di atas, kebanyakan ulama Malikiyah & sebagian ulama Syafi’iyah – seperti imam nawawi & al Ghozali – berpendapat bahwa hukum nazar adalah Sunnah. Dengan demikian nazar itu ada dua macam:

  1. Nazar Mu’allaq, nazar untuk memperoleh manfaat. Nazar ini bersyarat, yaitu jika permintaannya terkabul, barulah ia akan melaksanakan ketaatan. Contoh nazarnya, “jika Alloh menyembuhkan saya dari sakit ini, maka saya akan bersedekah sebesar Rp10.000.000.”
  2. Nazar Muthlaq, nazar tidak menyebutkan syarat. berikut contohnya “aku ikhlas karena Alloh mewajibkan pada diri akan bersedekah ke masjid sebesar Rp10.000.000.”

Sehingga hadits-hadits yg menjelaskan larangan bernazar dimaksudkan untuk nazar Mu’allaq. Karena nazar tersebut dilakukan tidak ikhlas untuk Alloh, tujuannya hanya agar orang yg bernazar mendapatkan manfaat. Contoh orang yg bernazar dengan syarat menjelaskan bahwa orang tersebut hanya akan bersedekah jika penyakitnya sembuh. Jika penyakitnya tidak kunjung sembuh, maka ia tidak akan bersedekah. Itulah mengapa dalam penjelasan hadits orang bernazar itu orang yg pelit (bakhil).

Kenapa ada larangan bernazar? Agar seseorang tidak menyangka bahwa dengan bernazar sesuatu dapat terwujud, atau jangan disangka bahwa Alloh pasti akan penuhi maksud nazar karena nazar taat yg dilakukan. Berikut hadits yg menjelaskan bahwa nazar sama sekali tidak menolak apa yg Alloh takdirkan. Dari Ibnu ‘Umar disebutkan:

Tata Cara Nazar
Tata Cara Nazar

Tata Cara Nazar – Macam Nazar dan Hukumnya

Macam disini dilihat dari hal yg dinazari (al-mandzur) dibagi menjadi 2 macam:

  1. Nazar Taat

Hukum menunaikannya adalah wajib, baik nazar Mu’allaq juga nazar muthlaq. Berikut dalil yg menunjukan wajibnya:

Tata Cara Nazar
Tata Cara Nazar

Apabila seseorang bernazar taat,nNamun jika ia tidak dapat menunaikannya, maka nazar tersebut tidak menjadi wajib dan sebagai gantinya ia harus menunaikan kafaroh sumpah. Berikut kafaroh sumpahnya:

  • Memberi makan kepada 10 orang miskin, atau
  • Memberi pakaian kepada 10 orang miskin, atau
  • Memerdekakan 1 orang hamba sahaya (budak)

Jika ia tetap tidak mampu untuk ketiga hal di atas, barulah menunaikan pilihan untuk berpuasa selama 3 hari. Lihat penjelasan surat al-Maidah: 89

  1. Nazar yg Bukan Bentuk Taat

Nazar ini terbagi 2 macam:

  • Nazar Mubah

Contohnya: “jika saya lulus ujian, saya akan lari 100 keliling lapangan sepak bola” nazar seperti itu bukanlah nazar taat, namun nazar mubah. Tidaklah wajib untuk ditunaikan.

  • Nazar Maksiat

Contohnya: “jika saya lulus ujian, saya akan mabuk-mabukan bersama teman-teman” nazar seperti ini wajib untuk tidak ditunaikan, berdasarkan hadits berikut:

Tata Cara Nazar
Tata Cara Nazar

Demikian penjelasan singkat mengenai Tata Cara Nazar semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga artikel Rabbanitour lainnya mengenai Tata Cara Melempar Jumrah, Tata Cara Zakat Mal. 

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini