Tata Cara Zakat Fitrah

Tata Cara Zakat Fitrah

Zakat Fitrah – Zakat al-fithri yg biasa kita sebut dgn zakat fitrah di wajib kan kpd umat Islam pada tahun ke-2 hijriah, yaitu tahun yg sama di wajib kan nya puasa Ramadhan. Hukum menunai kan zakat fitrah bagi setiap pribadi umat Islam adalah wajib, baik yg dewasa maupun kecil, laki-laki maupun perempuan, orang merdeka maupun budak, dgn syarat dia memiliki harta yg lebih dari kebutuhan nya dan kebutuhan orang yg menjadi tanggungan nya pada hari Idul Fitri. Dan, seseorang harus menunai kan zakat fitrah itu untuk nya dan orang-orang yg menjadi tanggungan nya, seperti istri& anak nya, dari makanan pokok yg biasa ia konsumsi sehari-hari dlm keluarga nya.

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah Menjelaskan :


أي الزكاة التي تجب بالفطر من رمضان. وهي واجبة على كل فرد من المسلمين، صغير أو كبير، ذكر أو أنثى، حر أو

Artinya :” Yaitu zakat yg di wajib kan karena berbuka dari Ramadhan (maksud nya: berakhir nya Ramadhan). Dia wajib bagi setiap pribadi umat Islam, anak-anak / dewasa, laki-laki atau perempuan, merdeka / budak. (Fiqhus- Sunnah, 1:412)”.

تجب على الحر المسلم، المالك لمقدار صاع، يزيد عن قوته وقوت عياله، يوما وليلة. وتجب عليه، عن نفسه، وعمن تلزمه

نفقته، كزوجته، وأبنائه، وخدمه الذين يتولى أمورهم، ويقوم بالانفاق عليهم.

Artinya :” Wajib bagi setiap muslim yg merdeka, yg memiliki kelebihan satu sha’ makanan bagi diri nya dan keluarga nya 1 hari 1 malam. Zakat itu wajib, bagi diri nya, bagi orang yg menjadi tanggungan nya, seperti isteri & anak-anak nya, pembantu yg melayani urusan mereka, & itu merupakan nafkah bagi mereka. (Ibid- 1/412:413).

Harta yg di keluar kan adalah makanan pokok di negeri masing-masing, kalau di negeri kita sebanyak (+/-) 2,5 Kg beras. Ini pandangan jumhur (mayoritas) imam madzhab seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad bin Hambal. Mereka menolak pembayaran zakat fitrah dgn nilai harga nya (uang), karena hal itu di anggap bertentangan dgn sunah nabi. Ini juga menjadi pandangan sebagian besar ulama kerajaan Arab Saudi, dan yg mengikuti mereka.

Dasar nya :

سُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى كُلِّ نَفْسٍ مِنْ الْمُسْلِمِينَ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ أَوْ رَجُلٍ أَوْ امْرَأَةٍ

صَغِيرٍ أَوْ كَبِيرٍ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ

Artinya :” Dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi Muhammad Saw,mewajib kan zakat fitrah pada bulan Ramadhan untuk setiap jiwa kaum muslimin, baik yg merdeka /budak, laki-laki / perempuan, anak-anak / dewasa, sebanyak 1 sha’ kurma atau satu sha’ biji-bijian. (HadistRiwayat. Muslim No-984).

 

Tata Cara Zakat Fitrah
Tata Cara Zakat Fitrah

Tata Cara Zakat Fitrah

Saat yang Tepat untuk Membayar Zakat Fitrah waktu yg sangat cepat adalah dari terbit fajar pd hari idul fitri hingga dekat waktu pelaksanaan sholat ied. Waktu yg di perboleh kan berzakat yaitu 1 atau 2 hari sebelum ied.

  1. Niat dan doa mengeluar kan zakat fitrah secara pribadi.

“ Nawaitu an Ukhrija zakatal fitrati’an nafsi fardan’alayyaa lilahi ta’ala

Artinyaa : Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, wajib atas ku  karena Allah Ta’alla.

  1. Doa membayar zakat fitrah bagi keluuarga.

“Nawaitu an ukhrija zakatal fithrati’an nafsi wa ahli… fardan’alayya lillahi ta’alla”

Artinya :” saya berniat mengeluarkan zakat fitrah,bagi diriku dan keluarga ku(sebutkan nama naggota keluarga yg menjadi tanggung jawab). Wajib atasku karena Allah Ta’alla.

Demikian artikel menganai Tata Cara Zakat Fitrah semoga informasi ini bermanfaat, baca juga artikel tentang Tata Cara Puasa Syawal, dan Tata Cara Qodho Sholat. Ada juga pilihan paket yang Rabbani tour sediakan Umroh Plus Turki dan Umroh Plus Dubai.
 

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini