Berita Seputar Haji dan Umroh – Tips Sebelum Berangkat Umroh

Jika bicara soal waktu, meski umroh bisa di lakukan kapan saja, pemilihan waktu sendiri sebenar nya cukup penting. Ini ada hubungan nya dengan kondisi Arab Saudi yang memiliki iklim gurun. Pada musim panas (Juni-Agustus) suhu udara bisa mencapai lebih dari 45 derajat celcius. Sebaliknya pada musim dingin (November-Februari) suhu pada siang hari 38-42 derajat celsius, sementara malam bisa mencapai 8 derajat celsius.

Pada bulan Maret dan Mei untuk cuaca bisa di katakan sedang sejuk dan lebih bersahabat. Mengingat cuaca yang begitu panas, ada baik nya memilih waktu yang sesuai dengan konsidi anda saat sedang berada di sana. Jika anda termasuk orang yang mudah lelah atau anda tentunya ingin beribadah dengan rasa nyaman, pilih lah waktu yang dengan cuaca yang bersahabat. Pasalnya setelah melalui penerbangan yang sedikit lumayan panjang. Anda juga akan menghabiskan sebagai waktu besar dengan beribadah yang di lakukan tidak hanya di dalam masjid tetapi di ruang terbuka.

Tips Sebelum Berangkat Umroh
Tips Sebelum Berangkat Umroh

Namun, ibadah umroh itu sendiri selain banyak di minati oleh para umat muslim di dunia apalagi jika sudah memasuki bulan ramadhan juga tentunya sangat ramai untuk melakukan ibadah umroh, tidak hanya pada saat memasuki bulan ramdhan melainkan pada saat masuk di musim liburan yaitu Juni-Agustus. Jika anda berfikir memutuskan untuk melaksanakan Ibadan umroh di bulan-bulan tersebut. Di sini saya akan sedikit membagikan tips untuk anda yang akan melakukan ibadah suci umroh. Di usahakan memakai pakaian berwarna putih yang memantulkan panas nya matahari ketika di tanah suci. Dengan begitu, energi anda tidak akan terkuras karena efek dari panas tidak di serap baju dan tubuh. Dengan itu akan di berikan Tips Sebelum Berangkat Umroh, agar senan tiasa para calon jemaah bisa mempersiapkan lebih awal sebelum keberangkatan. (baca juga :Sejarah Kota Petra di Yordania Kota Batu Kuno Yang Hilang)

Tips Sebelum Berangkat Umroh – Bulan Menentukan Biaya

Pemilihan waktu sendiri yang menentukan besar nya biaya yang kaan akan anda keluarkan. Jika anda memilih pergi umrah di musim liburan, menjelang musim haji tau menjelang ramdhan, maka biaya yang di keluarkan pasti cenderung lebih besar. Lalu mengapa ? karena pada umum nya kenaikan paket umroh terjadi pada di tiga musim ini.

Pertama karena pada musim-musim tersebut biasanya peminat umrah meningkat. Kedua, pada saat ini terjadi persaingan ketat antar sesama maskapai penerbangan. Otomatis ini mempengaruhi pesawat yang akan dipergunakan. Pihak travel kesulitan untuk mendapatkan tarif pesawat yang murah sesuai budget.

baca juga artikel lainnya :

Nah.. dari beberapa Tips Sebelum Berangkat Umroh, jika anda ingin mencari biaya perjalanan yang cenderung murah, maka ambilah paket umroh pada bulan januari hingga maret. Karena pada bulan-bulan ini harganya biasnya lebih murah di banding kan paket umroh untuk bulan april dan seterusnya.

Dan tentunya untuk biro perjalanan umroh rabbanitour ini sudah memberikan jadwal waktu keberangkatan dan kepulangan, dan lokasi-lokasi  saat anda akan menjalankan serangkaian perjalanan ibadah umroh juga tempat wisata yang akan di kunjungi, hotel yang sudah di tentukan.

Persiapkan semua kelengkapan yang dibutuhkan. Misalnya, paspor, fiskal (jika diperlukan), pakaian, dan kebutuhan sehari-hari, obat-obatan juga dana (uang) untuk beragam keperluan. Bisa pula Anda mempersiapkan dana melalui penukaran mata uang rupiah dengan uang real Arab Saudi atau mata uang negara lainnya (jika setelah umrah, biro perjalanan Anda mengajak berwisata ke tempat lain). Tips Sebelum Berangkat Umroh.

Tips Sebelum Berangkat Umroh
Tips Sebelum Berangkat Umroh

Bagi Anda yang bekerja, sesuaikan waktu umrah dengan waktu yang diperbolehkan saat Anda mengajukan cuti. Begitu pula jika Anda memiliki bisnis sendiri, aturlah waktu sebaik mungkin agar tidak bentrok dengan kewajiban mencari nafkah, menuntut ilmu, dan lain-lain.

Bagi para lajang yang berumrah akan lebih mudah karena tidak ada tanggungan keluarga yang harus diurus. Akan tetapi, bagi pasangan suami istri yang berumrah dan tidak membawa serta anak-anak, persiapkan anak-anak Anda agar mengizinkan Anda berumrah. Titipkan mereka pada keluarga dekat juga bekal dana selama anda dan pasangan berada di Tanah Suci. Simak selanjut Tips Sebelum Berangkat Umroh :

  1. Pilihlah agen travel umroh yang sudah mempunyai kredibilitas dan pengalaman baik dalam menyelenggarakan program ibadah ke tanah suci / umroh. Juga sesuai kan dengan budget anda, untuk menghemat anda bisa memilih paket regular.
  2. Segera urus perlengkapan dokumen untuk  keperluan administrasi seperti paspor, foto close up ( muka kliatan lebih dekat dan jelas ), kartu kuning vaksinasi meningitis dan influenza.  Yang terakhir itu juga perlu karena merupakan salah satu syarat yang di wajibkan pemerintah Arab Saudi bagi calon jamaah umroh.
  3. Berdasarkan pengalamanku kemarin mengurus paspor, foto, dan vaksin kurang lebih makan waktu 2 minggu sampai selesai semua.
  4. Bagi yang jarang olahraga, mulai deh nyicil tiap paginya latihan jalan kaki atau jogging sebelum berangkat supaya nantinya terbiasa dan fisik kita juga lebih kuat waktu melakukan  tawaf, sai, dan berjalan kaki tiap ke masjid untuk ibadah.
  5. Mulai membaca beberapa panduan buku umroh ( rukun2 dan larangannya), doa-doa ketika rukun umroh, dan sholat sunah, seperti shalat jenazah karena di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram hampir setiap selesai shalat wajib akan ada shalat jenazah.
  6. Jaga kesehatan badan dan rohani kita. Persiapkan betul fisik dan hati kita ( belajar ikhlas, dan sabar ), banyak do’a semoga di beri kelancaran beribadah disana , karena ini merupakan perjalanan ibadah ( spiritual) ke Tanah suci bukan sekedar jalan-jalan biasa.
  7. Sebaiknya sudah persiapkan kebutuhan isi koper seminggu sebelum berangkat. Seperti pakaian ihrom ( baju gamis ), sandal / sepatu, kaos kaki, kaos tangan, kerudung/bergo, pelembab/sabun non parfume dll. Lebih baik cari di toko one stop shopping perlengkapan haji, karena lebih lengkap dan hemat tentunya. ( Biasanya ada beberapa yang akan diberi gratis seragam dari
  8. vaksin kurang lebih makan waktu 2 minggu sampai selesai semua.
  9. Bawalah baju sedikit dan sesimple mungkin ( perkiraan umroh 9 hari ) 2-3 stel selain baju ihrom dan pakaian tidur  yang bisa dipakai beberapa kali ( mix and match ). Buat wanita lebih baik  membawa baju gamis ( terusan panjang ) dari pada potongan atasan bawahan karena waktu di sana bisa sekalian di pakai waktu shalat tanpa perlu memakai mukena. Jika memang kurang baju tenang ajah di sana ( biasanya dijual di depan masjid Nabawi, Madinah) banyak juga yang menjual gamis lumayan murah mulai dari harga 15 riyal. Akan menghemat isi koper yang nantinya pasti akan lebih banyak yang dibawa waktu pulang karena ketambahan isi oleh2 nya.
  10. Pakaian sholat mukena bawa 1 stel ajah sudah cukup, karena disana sholat juga tidak harus pakai mukena seperti di Indonesia, asal pakaian kita sudah menutup aurat selain muka dan telapak tangan tentunya.
  11. Jangan lupa bawa buku do’a saku, Al-Qur’an kecil untuk kita baca disana.
  12. Bawalah perlengkapan obat2an sendiri dari Indonesia sebagai antisipasi disana, karena selain jarang ada merek obat indonesia yang dijual disana, adapun obat2 disana belum tentu cocok buat kita dan harganya jauh lebih mahal. Mesipun dari travel rabbanitour sudah di siap kan obat-obatan namun jika mempunyai obat pribadi bisa di bawa.

Begitulah sedikitnya Tips Sebelum Berangkat  Umroh. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci.

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini