Ashabul-Kahfi; Wisata ke Gua 7 Pemuda Beriman

Ashabul Kahfi – adalah sekelompok 7 pemuda dan seekor anjing yang tertidur dalam gua. Mereka hidup di tengah masyarakat penyembah berhala dgn seorang raja yang kejam bernama Diqyanus. Raja tersebut meminta rakyat nya untuk menyembah selain Allah SWT. Jika tdk, maka akan di siksa dan dibunuh.

Nama-nama Ashabul Kahfi yang terdiri dari 7 pemuda tersebut yaitu: Tamlikha, Maksalmina, Martunis, Nainunis, Sarbunis, Falyastatyunis, Dzununis. Serta seekor anjing bernama Qithmir, yang dipercaya sebagai satu-satunya anjing yang masuk Surga.

Pada awalnya penduduk negeri Efesus beriman kepada Allah SWT. Tapi keadaan berubah setelah Raja Diqyanus (Decius) yang menguasai nya. Kekejaman nya yang luar biasa telah membuat banyak rakyat sengsara. Barang siapa yang taat dan patuh kepada nya, di beri pakaian dan berbagai macam hadiah lain nya. Tetapi barang siapa yang tidak mau taat atau tidak bersedia mengikuti kemauan nya, akan segera di bunuh. Dalam masa yang cukup lama, sebagian besar rakyat patuh kepada Raja dengan menyembah selain Allah SWT.

Wisata ke Gua 7 Pemuda Beriman
Wisata ke Gua 7 Pemuda Beriman

Demi mempertahankan keislaman dan keimanan kepada Allah SWT, 7 pemuda Ashabul Kahfi dan seekor anjing, memilih untuk mengasingkan diri serta bersembunyi dalam sebuah gua. Mereka teguh mempertahankan aqidah mereka walaupun menyadari nyawa dan diri mereka mungkin terancam dengan berbuat demikian.

Pada saat mereka beristirahat di dalam gua itulah, Allah SWT menidurkan 7 pemuda tersebut selama 309 tahun. Allah SWT membolik-balikkan tubuh mereka dari kanan ke kiri. Allah lalu memerintahkan matahari supaya pada saat terbit, condong memancarkan sinarnya ke dalam gua dari arah kanan, dan pada saat hampir terbenam supaya sinarnya mulai meninggalkan mereka dari arah kiri. Allah SWT menyelamatkan mereka dari kejaran Raja Diqyanus yang kejam dan tidak mengakui adanya Allah SWT Yang Maha Sempurna

Ashabul Kahfi Bangun Dari Tidur
Setelah 309 tahun tersebut, Allah SWT membangunkan 7 pemuda Ashabul Kahfi. Mereka saling bertanya: “Siapakah di antara kita yang sanggup dan bersedia berangkat ke kota membawa uang untuk bisa mendapatkan makanan? Tetapi yang akan pergi ke kota nanti supaya hati-hati.” Salah satu anggota Ashabul Kahfi bernama Tamlikha berkata: “Aku sajalah yang berangkat untuk mendapatkan makanan”. Setiba nya di sebuah pasar, ia bertanya kepada seorang penjaja roti: “Hai tukang roti, apakah nama kota kalian ini?”. “Ephesus,” sahut penjual roti.

Penjual Roti berkata kepada Tamlikha: “Alangkah beruntungnya aku! Rupanya engkau baru menemukan harta karun! Berikan sisa uang itu kepadaku! Kalau tidak, engkau akan kuhadapkan kepada raja.” “Aku tidak menemukan harta karun,” sangkal Tamlikha. “Uang ini kudapatkan tiga hari yang lalu dari hasil penjualan buah kurma seharga 3 dirham! Aku kemudian meninggalkan kota karena orang-orang semuanya menyembah Diqyanus!”

Ayat Al-Quran Tentang Ashabul Kahfi

“(Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dlm gua lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakan lah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. [Al-Kahfi: 10]

“Dan engkau akan melihat matahari ketika terbit, condong ke kanan dari gua mereka; dan apabila ia terbenam, meninggalkan mereka ke arah kiri, sedang mereka berada dalam satu tempat yang luas di gua. Itulah tanda-tanda kekuasaan Allah. Barangsiapa diberi hidayah petunjuk oleh Allah, maka dialah yang berjaya mencapai kebahagiaan; dan barangsiapa yang disesatkanNya maka engkau tidak akan memperoleh seorang penolong pun yang dapat menunjukkan (jalan yang benar) kepadanya”. [Al-Kahfi: 17].

Wisata ke Gua 7 Pemuda Beriman
Wisata ke Gua 7 Pemuda Beriman

Gua ini sekarang menjadi destinasi wisata mengunjungi situs sejarah seperti Gua Ashabul Kahfi, menjadi perjalanan spiritual yg sangat berkesan untuk di ambil hikmah nya.Menyaksikan dgn mata sendiri kisah Ashabul Kahfi merupakan pengalaman spritual yg sangat mengesan kan, Tidak hanya tahu lewat tulisan dan gambar, tapi juga bisa melihat sendiri masa peninggalan nya.

Dari segi fasilitas, Gua Ashabul Kahfi di nilai berbeda dari situs-situs sejarah lain nya. Selain menyediakan masjid yg sangat nyaman dan kamar mandi yg bersih, terdapat lorong-lorong khusus penyangga di fabel di beberapa sudut. Tanaman-tanaman hijau yg di bentuk menyerupai nama-nama Allah SWT juga menjadi objek menarik untuk di abadikan dlm bentuk foto dan menyegarkan mata di tengah-tengah gurun pasir Timur Tengah.

Dikarenakan tanah nya yang cukup terjal, di anjurkan bagi para pengunjung untuk memakai sepatu yang nyaman di gunakan saat menempuh perjalanan menuju gua yang penuh dgn bebatuan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Wisata Ke Gua 7 Pemuda Beriman. Jika anda berminat berkunjung ke tempat tersebut Rabbani tour senan tiasa bersedia mengantar kan anda ke tempat tersebut dalam program Paket Wisata Muslim dengan pilihan yang bisa anda pilih Aqsha Muslim Tour, Jepang Muslim Tour, Australia Muslim Tour dan Eropa Muslim Tour.

 

klik salah satu staff kami untuk segera chat via whatsapp bersama anda.

Diskusi Langsung Disini